ARIPITSTOP.COM – Ada yang menarik dalam salah satu sesi balapan Suzuka 8H setelah sesi Meet & Greed Pembalap KRT, terlihat sosok Motor dengan tongkrongan mirip kawasaki Z series namun keluar melakukan demo Run di Straight Sirkuit Suzuka hanya dengan suara Ziiiing Khas sepeda motor Listrik dan satu lagi raungan sebuah motor Ninja yang diklaim sebagai motor Hybrid. Model Hybrid dilabeli HEV pada fairingnya sedangkan model listrik dengan label EV. Masing-masing model juga menggunakan platform berbeda.

Harap bersabar… kedua motor ini memang baru sekedar dipamerkan alias buat pemanasan bahwa kita harus siap menerima era generasi motor listrik. Karena tidak ada keterangan lebih detail yang bisa terungkap mengenai spek dan lainnya. Tapi menurut sumber media Jepang, kemungkinan motor ini akan diproduksi di tahun 2024 nanti. Jadi masih agak lama ya… apalagi sampai masuk Indonesia.

Kalau melihat motor versi listriknya, dimensinya mirip Ninja 250 atau Z250 yang dua silinder. Desain velg, bodi belakang, spatbor dan lain-lainnya juga mirip. Tapi coba lihat deh bagian bawahnya, g akan ada itu piston, hehehee… dibawah tangki itu adalah sebuah Bateray, terus ada dinamo di bagian tengah bawah. Jadi ke roda belakang ada final gear lagi. Mengenai power output dari Motor Listrik ini diklaim bisa menghasilkan tenaga 11 kW (14,8 hp).

Lihat lagi deh, gak kelihatan ada tuas presneling ya. Uniknya motor ini tangan kanan dan kaki akan yang bekerja, tangan kiri dan kaki kiri akan nganggur. Tangan kanan untuk gas dan rem depan, sedangkan rem belakang ada di kaki kanan, bayangin dulu deh cara kerjanya, hehehe…

Lanjut ke Ninja Hybrid, sesuai namanya bahwa motor ini bakalan memakai dua mesin yaitu mesin motor bakar dan listrik yang saling terkoneksi. Jadi motor ini akan memakai mesin bakar oto (ICE) yang kebetulan secara visual sangat mirip dengan mesin dua silinder segaris yang common part dengan mesin Ninja 250. Mesin Bakar ini dihibridisasi dengan menggabungkan motor listrik berpendingin cairan, inverter, dan baterai 48V.

Merujuk ke konsep yang dijelasin Kawasaki tahun lalu, nantinya biker bisa memilih mau pakai tenaga apa mau mau mesin bakar atau hybrid atau kombinasi dari keduanya. Power source nya bisa diubah-ubah sesuai kondisi jalan yang dilalui.

Misalnya butuh kenceng-kenceng pakai mesin bensinnya. Masuk perkotaan macet, pakai tenaga listrik aja biar hemat. Terus misal nanjak-nanjak biar torsinya makin kuat bisa pakai kombinasi mesin bensin dan listrik. Menarik ya, ingat, jangan ditanya soal harga, kaum mendang mending minggir dulu saja dech…

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here