ARIPITSTOP.COM – Bicara soal aero dinamika di motor MotoGP memang semakin berkembang bahkan terkesan semakin aneh dan nyeleneh. Pada GP Inggris kali ini ada beberapa pemandangan baru dalam sesi latihan bebas MotoGP Silverstone, Mulai paket aero, utamanya bagian depan Honda RC213V Pol Espargaro yang baru, lanjut knalpot KTM ataupun buntut belakang GP21 Enea Bastianini yang ada sayap kecil mirip Dinosaurus.

Ducati bisa dikatakan sebagai pelopor fairing aerodinamis, dengan winglet dan tambahan perangkat lainnya. Kali ini perangkat aero yang dengan bentuk unik yaitu desain aero di bagian ekor GP21 milik Bastianini dan dijajal juga oleh Jorge Martin di GP Inggris.

Tapi, perangkat tersebut masih dalam tahap pengetesan, jadi belum diketahui apakah piranti ini akan digunakan pada balapan malam nanti.

Komentar Bastianini soal perangkat baru ini:

“Ketika pertama melihat sayap tersebut, reaksi saya hanya ‘Wow’. Ini hanya membuat semakin sulit naik ke atas motor, setelah itu tidak begitu buruk,”

“Ini penting untuk memahami apakah ini lebih baik atau tidak. Tapi, kesan pertama saya cukup baik, khususnya saat pengereman jadi lebih stabil. Ini juga tidak buruk terkait kecepatan motor,”

Sementara Martin, belum ingin memberikan penilaian. Tapi, menurutnya perangkat aero tersebut tidak memberikan banyak keuntungan. “Ini terasa sedikit lebih sulit dalam hal pergantian arah dan sedikit lebih baik di trek lurus. Pasa akhirnya, ini masalah kompromi, kami masih harus menganalisanya, apakah lebih baik dengan atau tanpa sayap tersebut,” kata Martin.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here