ARIPITSTOP.COM – Final musim GT World Challenge Asia 2022 di Sirkuit Mandalika telah dibatalkan. Masalah homologasi disinggung menjadi penyebab pembatalan ajang balap Mobil tersebut. Sebelumnya Fanatec GT World Challenge Asia dijadwalkan berkunjung pada 21-23 Oktober 2022. Upaya untuk menunda acara, serta mencari tempat dan tanggal alternatif, juga terbukti tidak berhasil, keputusan untuk membatalkan balapan seri final di Indonesia akhirnya harus diputuskan.

Informasi pembatalan ini diumumkan langsung oleh laman resmi dari GT World Challenge Asia pada Kamis (4/8/2022). Sebelumnya, GT WCA 2022 di Sirkuit Mandalika dijadwalkan pada 21-23 Oktober 2022 sebagai seri terakhir. Akan tetapi pembatalan ini menyebabkan kalender 2022 hanya akan menggelar lima seri dengan 10 balapan.

Disinggung soal penyebab kegagalan Sirkuit Mandalika untuk menggelar GT WCA 2022 adalah masalah homologasi. SRO Motorsports Group memahami bahwa modifikasi yang diperlukan untuk homologasi lintasan balap mobil tidak akan selesai sebelum gelaran di Mandalika.

Benjamin Franassovici, Championship Director GT World Challenge Asia, mengatakan, pembatalan seri terakhir di Mandalika sangat disayangkan dan ia tidak menyangka akan menghadapi masalah tersebut.

“Ini adalah situasi yang sangat disayangkan dan tentu saja tidak pernah kami bayangkan ketika kalender diumumkan Desember lalu. Kami telah mengetahui masalah homologasi selama beberapa waktu dan telah mencoba mencari solusi yang memungkinkan kami untuk mengunjungi Mandalika sesuai rencana atau menunda debut Indonesia kami selama sebulan. Namun, dan setelah kehabisan semua kemungkinan jalan untuk tahun 2022, kami tidak punya pilihan selain membatalkan acara tahun ini,” kata Benjamin Franassovici, Direktur Kejuaraan GT World Challenge Asia dalam keterangan tertulis di situs resminya.

“Saya tahu ini akan mengecewakan tim dan pembalap kami, tetapi juga para penggemar Indonesia yang sangat menantikan acara Fanatec GT World Challenge Asia di Mandalika. Kami berharap masalah ini dapat diselesaikan dan jaminan yang diperlukan dibuat sehingga kami dapat menjajaki opsi balapan di sana tahun depan.”

Dengan dibatalkannya seri Mandalika, Fanatec GT World Challenge Asia Powered by AWS tahun ini hanya berlangsung 10 seri di lima sirkuit yakni Sepang, Suzuki, Fuji Speedway, Sugo, dan Okayama. Empat seri balapan terakhir akan digelar di Sugo pada 19-21 Agustus 2022 dan terakhir di Okayama 23-25 September 2022.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here