ARIPITSTOP.COM – Berita mengejutkan datang dari Dovizioso yang memutuskan untuk menghentikan karir balapannya meski musim 2022 belum selesai, pembalap asal Italia ini itu memutuskan pensiun usai Grand Prix San Marino.

Dalam pernyataan resminya, Dovizioso mengakui keputusan ini diambil karena proyek yang ia dan Yamaha jalankan tak membuahkan hasil sesuai harapan. Dovizioso telah beberapa kali mengisyaratkan jika masa depannya selepas 2022 tak termasuk melanjutkan balapan di grid MotoGP, dengan RNF akan beralih ke Aprilia.

Dan menjelang balapan pembuka paruh kedua musim, GP Inggris di Silverstone akhir pekan ini, Yamaha pun mengumumkan bahwa Andrea Dovizioso akan pensiun usai home race-nya di Misano.

Setelah empat tahun membela Honda, Dovizioso pernah membela Yamaha lewat Tech 3 Racing pada 2012 dan meraih enam podium. Ia sempat ingin pindah ke tim pabrikan Yamaha pada 2013, tetapi terhalang oleh kembalinya Valentino Rossi. Alhasil, ia memutuskan menerima tawaran membela Ducati Team.

Ketika membela Ducati selama 8 tahun, Dovizioso meraih 14 kemenangan dan 3 gelar runner up. Akan tetapi sampai akhir musim 2020 gagal bernegosiasi dengan Ducati dan memilih vakum. Usai vakum pada 2021 dan menjadi test rider Aprilia, Dovizioso menerima tawaran dari Yamaha untuk membela RNF Racing dengan kontrak pabrikan pada 2022.

Meski tak membela tim utama, juara dunia GP125 2004 ini mendapatkan YZR-M1 spek pabrikan terbaru. Sayang, hasilnya tak sesuai harapan. Dalam 11 seri pertama musim ini, hasil terbaiknya hanya finis ke-11 di Portimao, Portugal. Melihat kolaborasi ini tak berprogres, Dovizioso dan Yamaha akhirnya memilih berpisah lebih awal.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here