ARIPITSTOP.COM – Kasak kusuk mengenai akan hengkangnya Repsol sebagai sponsor utama di kubu Honda MotoGP sudah berlangsung sejak dua tahun lalu, namun rumor tersebut terbantahkan ketika keduanya memperpanjang kontrak hingga akhir musim 2022, namun kini kembali merebak ketika sudah sampai di pertengahan musim, keduanya belum ada kesepakatan baru. Kurangnya eksposur terhadap Repsol dari Honda kemungkinan menjadi penyebab utamanya, prestasi para pembalap Honda-lah yang selama ditinggalkan Marc Marquez menjadi terhambat dan bisa dinilai memburuk. Lalu jika Repsol hengkang, siapa yang akan menggantikan sponsor utama? Petronas….

Pabrikan berlogo sayap tunggal itu sedang berada di titik nadir saat ini. Mereka terhempas di dasar klasemen konstruktor MotoGP 2022. Dalam keadaan kacau, Honda kemungkinan melepas musim ini dan fokus pada 2023. Tak hanya mengembangkan RC213V, line-up juga dirombak.

Kecuali Marc Marquez, tiga pembalap lain akan berubah. Alex Rins sudah pasti menggantikan Alex Marquez. Sementara, kursi Pol Espargaro di tim pabrikan dan Takaaki Nakagami dari LCR belum jelas karena Honda tak kunjung mengumumkan pilihannya. Pol Espargaro dirumorkan akan digantikan oleh Joan Mir sementara Nakagami akan digeser posisinya oleh Oi Ogura yang saat ini sedang gemilang di kelas Moto2.

Pengamat MotoGP Carlo Pernat mengungkap kondisi Repsol Honda yang diprediksi memiliki masalah keuangan cukup besar. Fenomena ini ditunjukkan Repsol Honda yang belum juga menentukan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk bisa menunjukan kemampuan terbaiknya pada MotoGP musim depan.

Pernat pun menegaskan bahwa dirinya tak tahu dengan pasti mengapa Honda masih belum mau mengungkapkan rencana masa depannya. Namun, pernat memprediksi tim yang bermarkas di Aalst tersebut memiliki masalah di bagian sponsorship yang berpengaruh besar pada keuangan mereka.

“Saya tidak memiliki kepastian tentang itu. tetapi saya mengenal dunia ini dengan baik dan saya dapat mengatakan bahwa sesuatu sedang terjadi di sana dengan sponsor,” ujar Pernat dilansir dari Tuttomotoriweb.

Jika benar Repsol akan meninggalkan Honda, maka siapa yang akan menjadi penggantinya?, Petronas kini yang disebut-sebut bisa menggantikan posisi tersebut, dana yang lebih kuat ketimbang Repsol menjadi salah satu pertimbangannya. Meski sempat berhenti menjadi sponsor utama tim satelit milik Razlan Razali, namun faktanya Petronas masih tetap berkutat di dunia balapan, artinya perusahaan ini tak mau meninggalkan eksposur daru dunia racing.

Kita tunggu saja apakah benar rumor ini akan mengangetkan seperti berita Suzuki meninggalkan Suzuki…

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here