ARIPITSTOP.COM – Sudah tidak lagi bisa bersaing di kelas MotoGP terutama dengan para pembalap muda, Dovizioso sudah tidak berminat lagi untuk melanjutkan karir balapnya di MotoGP. Pembalap asal Italia ini sudah pasrah dan tidak mencari tim balap untuk musim 2023, dirinya sudah siap untuk pensiun, hal ini membuat para pembalap MotoGP lainnya menginginkan dirinya beralih profesi menjadi wasit di MotoGP untuk menggantikan Freddie Spencer.

FIM Stewards Panel dibentuk pada 2016 usai insiden ‘Sepang Clash’ antara Valentino Rossi dan Marc Marquez pada 2015. Tugas mereka mirip wasit sepak bola, yakni menjatuhkan penalti kepada pelanggar aturan. Kinerja mereka terpisah dengan Race Direction atau Race Control, yang fokus memastikan setiap sesi berjalan lancar.

Panel ini terdiri dari tiga orang wakil FIM, salah satunya sang direktur panel, yakni Spencer, yang juga eks juara dunia GP500. Dua orang lainnya diundi setiap pekan balap demi menjaga pandangan adil dalam menilai insiden.

Tapi, akhir-akhir ini FIM Stewards kerap mendapatkan protes keras dari para pembalap, musim ini ada Alex Rins yang paling vokal dalam menyuarakan kinerja Spencer yang dinilai tidak adil. Terakhir kasus Quartararo yang merasakan dirugikan.

Itulah sebabnya sebagian pembalap ingin Freddie Spencer digantikan oleh Dovizioso, Dovizioso dinilai cocok untuk mengisi tempat di Tim Steward Panel MotoGP dan bisa berkontribusi untuk meningkatkan aspek keselamatan balap.

Akan tetapi, Dovizioso tampaknya tidak terlalu berminat untuk menjadi bagian dari Tim Panel Steward, dan memiliki rencana tersendiri untuk masa depannya usai pensiun. Ketika ditanya mengenai apakah berminat untuk menjadi Tim Panel Steward MotoGP Dovizioso menjawab dengan tegas.

“Tidak,” ucap Dovizioso sambil melambaikan tangganya dikutip dari Speedweek pada Selasa (26/7/2022).

“Saya harus mengatakan bahwa saya sangat tersanjung ketika ditanya apakah saya bisa membayangkan peran tertentu. Itu berarti mereka melihat dalam diri saya kepala dan pengalaman yang mungkin menarik untuk peran tertentu.”

“Saya tak siap menerimanya untuk saat ini. Meski senang melihat adanya permintaan, saya ingin menegaskan segalanya. Saya sudah pernah ditanya apakah saya bisa membayangkan untuk melakukannya di masa depan. Saya senang soal ini, namun tidak untuk sekarang. Kita lihat saja nanti di masa depan,” tutur ‘Dovi’.

“Saya punya pengalaman selama 20 tahun, jadi saya tak menjawab pertanyaan dengan cara yang saya mau. Namun, saat ini saya tak melihat apa pun yang secara khusus bikin saya tertarik. Meski begitu, kehidupan memberi saya pelajaran bahwa tak ada gunanya menutup semua pintu sejak awal,” tutup Dovizioso.

Dovizioso setelah pensiun kemungkinan besar akan menggeluti dunia motocross. Saat ini, Dovizioso sedang mengerjakan sebuah proyek untuk trek motocross di Faenza, Italia. Dovizioso juga sudah terlihat berlatih dengan rajin dalam beberapa hari terakhir.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here