ARIPITSTOP.COM – Suzuki telah mengantongi persetujuan Dorna Sports untuk meninggalkan MotoGP pada akhir musim 2022. Mereka juga akan angkat kaki dari Kejuaraan Balap Ketahanan Motor (FIM EWC). Hal ini secara resmi disampaikan langsung oleh pihak Suzuki di Jepang.

Beberapa waktu yang lalu tepatnya bulan Mei 2022, MotoGP dikejutkan dengan pengumuman Suzuki yang mengatakan ini akan jadi musim terakhir mereka di kelas premier. Padahal, ini baru tahun ketujuh mereka sejak kembali ke ajang balap motor tertinggi.

Pabrikan Jepang itu juga telah memenangi gelar pertamanya sejak 20 tahun yang lalu, dipersembahkan oleh Joan Mir pada 2020. Sedangkan kemenangan balapan pertama mereka diberikan oleh Maverick Vinales di Silverstone pada 2016 lalu.

Dan pada akhirnya Dorna sudah sepakat dengan Suzuki untuk mengakhiri sampai musim 2022. Bukan hanya di MotoGP, namun Suzuki juga mundur dari balapan ketahanan EWC.

Berikut pernyataan resmi dari Toshihiro Suzuki Direktur Perwakilan dan Presiden:

“Suzuki telah memutuskan untuk mengakhiri partisipasi MotoGP dan EWC dalam menghadapi kebutuhan untuk mengalokasikan kembali sumber daya pada inisiatif lain untuk keberlanjutan. Balap motor selalu menjadi tempat yang menantang untuk inovasi teknologi, termasuk keberlanjutan, dan pengembangan sumber daya manusia. Keputusan ini berarti bahwa kami akan mengambil tantangan untuk membangun operasi bisnis sepeda motor baru dengan mengarahkan kembali kemampuan teknologi dan sumber daya manusia yang telah kami kembangkan melalui kegiatan balap sepeda motor untuk menyelidiki rute lain untuk masyarakat yang berkelanjutan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua penggemar, pengendara, dan semua pemangku kepentingan yang bergabung dengan kami dan dengan antusias mendukung kami dari tahap pengembangan sejak kami kembali ke balap MotoGP.

“Saya akan terus melakukan yang terbaik untuk mendukung Alex Rins, Joan Mir, Team SUZUKI ECSTAR dan YOSHIMURA SERT MOTUL untuk bersaing secara kompetitif hingga akhir musim.

“Terima kasih atas dukungan Anda.”

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here