ARIPITSTOP.COM – Mau ganti oli mesin?, jangan sampai dapat oli mesin KW atau ASPAL alias Asli Tapi palsu. Di jaman seperti sekarang ini banyak banget barang KW yang beredar. Hal ini yang bikin kita sebagai pengendara motor kebingungan. Banyak sparepart motor yang udah diimitasi, dan parahnya sampai oli motor pun dipalsu oleh oknum gak bertanggung jawab, bukan cuma beredar oli palsu tapi botol mesin dibuat sedemekian rupa agar mirip bentuknya dengan oli mesin yang sudah beredar terkenal.

Sebagai pemilik motor, sekarang kita harus pinter – pinter untuk memilih. Paling nggak, harus bisa bedain lah mana yang asli dan mana yang bukan, apalagi kalau beli oli mesinnya di bengkel umum, karena ada saja oknum bengkel yang tidak bertanggung jawab dengan usaha dan pekerjaannya.

Saat ini sudah banyak sekali oli mesin yang botolnya dibuat sedemikian rupa bisa mirip banget dengan yang sudah beredar di pasaran, misalnya oli mesin keluaran asli pabrikan motor seperti oli mesin dari Honda atau dari pabrikan Yamaha. Dari kedua pabrikan ini yang paling sering oli mesinnya dijiplak, dipalsukan dimirip-miripin agar kita bisa terkecoh.

Bisa dilihat beberapa foto dibawah ini, dibisa dibandingkan dengan yang asli dan versi yang kloningan. Sebelah kiri adalah oli mesin yang asli sedangkan yang kanan adalah yang kloningan alias Aspal.

Yap, foto-foto fiatas adalah beredarnya oli mesin kloningan yang mirip dengan oli mesin keluaran pabrikan Honda dan Yamaha.

Bisa dilihatkan, betapa kloningannya bisa menipu mata kalau benar2 tidak teliti ketika kita membeli oli mesin. Karena ada saja bengkel yang tidak bertanggung jawab yang penting main untung tapi tidak melihat kualitas oli mesin. Ketika kita bilang “beli/ganti oli mesin standar”, namun yang dikeluarin adalah oli mesin kloningan.

Kita tidak tahu kualitas oli mesin tersebut, jika celaka, kualitas oli mesin tersebut tidak bagus, bukannya merawat justru malah bisa merusak mesin motor kita.

Terdapat beberapa gejala pada motor yang timbul akibat menggunakan oli kualitas rendah, gejalanya mesin terdengar suara kasar, saat mengoper gigi terasa keras atau kasar, dan mesin cepat panas.

Efek paling parah, jika oli palsu terus digunakan, bisa menimbulkan dampak fatal seperti kerusakan piston dan silinder. Kalau sudah begini, tentunya akan rugi besar, karena harus mengganti sparepart rusak yang harganya tidak murah.

Jadi berhati-hatilah ketika membeli oli mesin.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Kalau saya pribadi beli oli hanya di dealer resmi.
    Walaupun ada bengkel dan toko sparepart teman saya tetap HANYA MEMBELI OLI di DEALER RESMI.

  2. yg di jual di shopee. rata rata kw padahal udah ceklist original produk
    .. harganya murah di bawah harga pabrik..
    saya pernah nyoba.. motor lngsung turun mesin krna oli berkerak…pdhl bru seminggu..
    silahkan cek

  3. Kalau seperti contoh di foto itu menurut saya bukan pemalsuan mas, tapi di miripkan. Mungkin orang awam saja yg bisa tertipu. Tapi kalau botol kemasan ,tulisan,dan dusnya sama plek lha itu yg bikin kita bisa tertipu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here