ARIPITSTOP.COM – Keputusan Suzuki untuk kembali hengkang dari dunia balap MotoGP tentu saja mengagetkan seluruh publik terutama para pecinta balapan MotoGP, tim dari Hamamatsu ini mengambil keputusan untuk mengakhiri keikutsertaannya di MotoGP sampai akhir musim 2022. Shinici Sahara mengatakan jika DNA balap sudah ada di tubuh Suzuki, maka dirinya yakin kalau Suzuki akan kembali lagi ke dunia balap.

Kamis (12/5/2022) jelang GP Prancis, pernyataan resmi dirilis Suzuki. Terungkap sudah alasan utama mundur lantaran situasi ekonomi yang tak begitu menguntungkan kondisi perusahaan secara keseluruhan. Kendala finansial memang mereka akui sebagai faktor utama yang membuat mereka harus mundur dari kejuaraan balap motor terakbar di dunia tersebut.

Shinici Sahara selaku Project Leader Suzuki, mengaku terpukul dengan keputusan pabrikan untuk pergi dari MotoGP pada akhir musim ini. Padahal, saat ini Suzuki memiliki basis yang kuat dan menjadi salah satu penantang gelar juara dunia.

“Jelas, saya tidak baik-baik saja. Saya tidak menangis, tapi seluruh tenaga dalam diri saya terasa hilang,” katanya seperti dilansir Motosan.

“Tapi, pada saat yang sama, kami sedang melakoni balapan. Jadi setelah berpikir tentang itu selama lima atau 10 menit, saya mengatakan kepada diri sendiri, ‘Saya tidak bisa berhenti berpikir tentang balapan, sekarang meraih hasil bagus lebih penting’.

“Saya berusaha menenangkan orang-orang di dalam tim. Saya tidak bisa memberikan penjelasan secara rinci. Saya berusaha untuk memastikan semua orang mengelola segala situasinya sebaik mungkin.”

Sahara mengaku ikut dalam diskusi antara pihak Dorna dengan Suzuki, Dorna berharap Suzuki tetap bertahan sampai akhir kontraknya habis di tahun 2026, namun keputusan bulat dari Suzuki sudah tidak bisa dibendung lagi.

“Mereka terus bernegosiasi. Saya berada dalam diskusi tersebut. Tentu saja, saya bukan orang penting dalam negosiasi tersebut,” ujarnya.

“Tapi, setidaknya bos besar mendengar saya, tapi saya tidak tahu apa yang ada di pikiran mereka. Saya berharap citra Suzuki tidak buruk, tapi saya masih harus berpikir tentang bagaimana mengelola ini.”

Sahara yakin jika Suzuki akan kembali lagi di MotoGP karena menurutnya DNA balap sudah tertanam di tubuh Suzuki.

“Saya belum tahu apakah tim ini akan kembali. Tapi, bagi saya balapan sudah menjadi DNA Suzuki. Jika perusahaan masih ada, maka Suzuki juga harus ada dalam dunia balap,” ucapnya.

“Jadi di beberapa titik di masa depan Suzuki harus kembali. Ini adalah pendapat pribadi saya. Belum ada rencana. Mereka tidak memberi tahu saya apa pun.

“Tapi bisa dibayangkan, mungkin di masa depan, balap motor listrik menjadi lebih penting. Tidak ada yang tahu. Jika ini terjadi, mengapa Suzuki tidak kembali?”

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. DNA balapan.. tapi produk massal gitu-gitu aja? DNA budeg dan Culun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here