ARIPITSTOP.COM – Dua pembalap Rookie MotoGP 2022 dari KTM yaitu Remy Gardner dan Raul Fernandez memang menadi dua pembalap yang sangat mendominasi di kelas Moto2, akan tetapi ekspektasi dari KTM semua hancur ketika kedua pembalap ini langsung direkrut naik ke kelas MotoGP bersama tim satelitnya. Mereka bahkan tertinggal dari tiga rookie lainnya: Darryn Binder (RNF Yamaha), Fabio Di Giannantonio (Gresini Racing) dan Marco Bezzecchi (VR46 Racing Team).

Tak bisa dipungkiri jika penampilan dua pembalap KTM ini memang luar biasa ketika balapan di Moto2, namun ternyata hal tersebut tidak berlaku ketika mereka secara bersamaan dibawa ke kelas MotoGP bersama Tech3 KTM.

Dalam 11 balapan yang telah bergulir, pencapaian terbaik Remy Gardner adalah posisi ke-11 dalam GP Catalunya. Pembalap kebangsaan Australia itu belum sekalipun mampu finis menembus 10 besar.

Sedangkan Raul Fernandez tidak lebih baik. Ia sempat melewatkan dua balapan akibat cidera. Raihan terbaik Spaniard datang di GP Jerman saat runner-up Moto2 2021 tersebut mengamankan urutan 12.

Dari 11 kali balapan di paruh musim 2022, Gardner dan Fernandez baru mencetak masing-masing 9 serta 5 poin. Tentu hal ini sangat jauh dibandingkan dengan rookie lainnya seperti Bezzecchi yang telah sukses meraih podium saat finis kedua dalam GP Belanda di Assen.

“Jika melihat ke belakang, selalu mudah untuk memberikan penilaian,” kata Manajer Tim KTM Francesco Guidotti.

“Keadaan menyebabkan keputusasaan ini. Pada saat itu sepertinya ini akan menjadi solusi terbaik. Kami harus mempertimbangkan banyak hal untuk membuat keputusan bagi tim satelit untuk 2023. Ada banyak orang dan hal yang terlibat, pertama tentu Herve (Poncharal),” imbuhnya.

Guidotti berfikir bahwa merekrut dua rookie sekaligus menjadi sebuah retrospeksi bagi timnya, “Saya pikir kami butuh lebih banyak pengalaman dalam tim guna mendorong pengembangan,” ujar nya.

Tech3 untuk musim depan sudah dipastikan tidak akan memakai pembalap Rookie lagi meski salah satu pembalapnya saat ini kemungkinan masih bertahan. Satu kursi sudah diamankan oleh Pol Espargaro yang akan segera diumumkan membela Tech3 yang tidak diperpanjang kontraknya di HRC.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here