ARIPITSTOP.COM – Setelah sebelumnya gagal finish sebanyak dua kali beruntun, kini Bagnaia mengakhiri paruh musim 2022 dengan menjuarai GP Belanda, nasib sial kini justru dialami Quartararo yang sempat terjatuh saat hendak overtake Aleix Espargaro meski sempat bangkit dan akhirnya terjatuh lagi, penampilan apik diperlihatkan oleh pak RT yang sempat terperosok di posisi 15 akhirnya finish posisi 4 dan GP Belanda ini membuktikan Vinales masih bertaji dengan berhasil meraih podium pertamanya bersama Aprilia.

Bagnaia langsung memimpin setelah Tikungan 1, Quartararo menguntitnya di posisi kedua. Namun, Aleix Espargaro yang start dari grid kelima berhasil melibasnya.

Lap 2, Jack Miller menjalani long lap penalty atas kesalahannya menghalangi Vinales saat berusaha mencatat waktu lap terbaik di kualifikasi. Insiden kemudian terjadi pada lap 5. Di Tikungan 5, Quartararo yang berusaha menyalip Aleix Espargaro dari sisi dalam, kehilangan kontrol Yamaha YZR-M1 sehingga terjatuh dan menyenggol pembalap Spanyol tersebut.

Aleix yang sempat ke gravel namun tidak terjatuh langsung bisa masuk ke trek meski akhirnya tercecer di posisi 15, Quartararo yang harus membangunkan motornya akhirnya masuk ke trek lagi namun di posisi paling buncit.

Lap 8, Darryn Binder terjatuh dan tak mampu melanjutkan lomba. Pada saat yang sama, Quartararo masuk ke pit untuk memperbaiki posisi setang kirinya yang tampaknya bermasalah setelah terjatuh.

Espargaro naik ke P12 pada lap 11 sementara Bagnaia yang memakai ban depan-belakang soft-hard terus melesat diikuti Bezzecchi dan Martin di posisi kedua dan ketiga.

Nasib Quartararo memang benar-benar sial di MotoGP Belanda kali ini. Pada lap 13, ia kembali terjatuh lagi-lagi di Tikungan 5. Yang akhirnya dia dijatuhi hukuman Long Lap penalty di GP Inggris nanti akibat ulahnya yang terlalu ambisius mengovertake Aleix Espargaro.

Lap 16, Espargaro naik ke P11 dan satu lap kemudian ke P10. Espargaro kemudian melibas Zarco dan Joan Mir sekaligus pada lap 16 untuk berada di P8.

Lap 17, Hujan rintik-rintik di sirkuit, akhirnya White Flag. Seluruh tim pun mempersiapkan skenario flag-to-flag. Di saat yang sama, Vinales berhasil merangsek ke P3 diikuti Brad Binder.

Pak RT terus menggila…! naik ke P7 pada lap 19. Dua lap kemudian, Miller berhasil melibas Binder untuk P4.

Hingga lima lap menjelang finis, posisi tiga besar masih ditempati Bagnaia, Bezzecchi, dan Vinales. Namun, Miller mulai mendekati Vinales untuk P3. Di lap terakhir, Espargaro secara fantastis berhasil melibas Binder dan Miller sekaligus untuk finis P4.

Pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, berhasil merebut kemenangan dalam balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen pada Minggu (26/6/2022), Pembalap asal Italia ini diikuti oleh debutan Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi, di posisi kedua dan pembalap Aprilia Racing, Maverick Vinales, di posisi ketiga.

Berikut hasil balap MotoGP Belanda 2022:

  1. Francesco Bagnaia – Ducati Lenovo Team – Ducati
  2. Marco Bezzecchi – Mooney VR46 Racing Team – Ducati
  3. Maverick Vinales – Aprilia Racing – Aprilia
  4. Aleix Espargaro – Aprilia Racing – Aprilia
  5. Brad Binder – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
  6. Jack Miller – Ducati Lenovo Team – Ducati
  7. Jorge Martin – Prima Pramac Racing – Ducati
  8. Joan Mir – Team SUZUKI ECSTAR – Suzuki
  9. Miguel Oliveira – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
  10. Alex Rins – Team SUZUKI ECSTAR – Suzuki
  11. Enea Bastianini – Gresini Racing – Ducati
  12. Takaaki Nakagami – LCR Honda IDEMITSU – Honda
  13. Joan Mir – Team SUZUKI ECSTAR – Suzuki
  14. Fabio di Giannantonio – Gresini Racing – Ducati
  15. Alex Marquez – LCR Honda CASTROL – Honda
  16. Andrea Dovizioso – WithU Yamaha RNF – Yamaha
  17. Luca Marini – Mooney VR46 Racing Team – Ducati
  18. Stefan Bradl – Honda HRC – Honda
  19. Remy Gardner – Tech 3 KTM Factory Racing – KTM
  20. Lorenzo Savadori – Aprilia Racing – Aprilia

Gagal finis:

  • Raul Fernandez – Tech 3 KTM Factory Racing – KTM
  • Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha – Yamaha
  • Darryn Binder – WithU Yamaha RNF – Yamaha
  • Franco Morbidelli – Monster Energy Yamaha – Yamaha

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini