ARIPITSTOP.COM – Cina di dunia otomotif baik itu roda empat terlebih pasar otomotif roda dua sudah sangat terkenal dengan produksi jiplak menjiplaik terutama soal desain bahkan sampai nama juga ikut dicontek. Kini akhirnya ada yang buka suara dan mencoba untuk menggugat salah satu perusahaan otomotif asal Cina yang diduga menjiplak merek dagang.

Surat kabar Jerman Handelsblatt melaporkan Kamis, 16 Juni 2022, Produsen mobil asal Jerman, Audi, mengajukan gugatan di pengadilan Munich terhadap produsen kendaraan listrik Cina, Nio, atas dugaan pelanggaran hak merek dagang milik Audi.

Pihak Audi mengatakan produsen mobil listrik asal China Nio telah mencuri ide desain dari Audi. Menurut Audi, keputusan Nio untuk menamai dua modelnya ES6 dan ES8 melanggar merek dagang Audi yang telah menamai produksi dengan S6 dan S8.

Sebenarnya perusahaan mobil asal Cina bukanlah perusahaan yang kaleng-kaleng, pasalnya Nio merupakan salah satu brand premium di China yang memiliki penjualan kendaraan yang tidak sedikit. Bahkan Nio sudah mulai memasuki pasar Eropa sejak Mei 2022, dengan memasuki pasar Norwegia, dan berencana menambah investasi mereka di Eropa yakni di Jerman, Swedia dan Denmark sebelum akhir tahun 2022.

Tentu saja kasus ini sangat menarik untuk disimak kelanjutannya, mengingat tentunya hal ini bisa menjadi cambuk bagi para perusahaan asal Cina yang dengan mudahnya suka menjiplak desain produk otomotif dari brand ternama di dunia. Tengok saja motor2 asal Cina yang dari dulu suka menjiplak motor asal Jepang yang laris manis di pasar Asia.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here