ARIPITSTOP.COM – Siapa yang menyangka kini sedang menyeruak rumor yang mengatakan jika Kawasaki sedang menyiapkan motor bebek kapasitas mesin 150cc yang tentunya akan bersaing ketat dengan Yamaha MX King Honda Supra GTR150 yang sudah lama mengaspal. Meski pasar motor bebek di Indonesia sudah tidak bergairah lagi, namun berbeda dengan negara tetangga di ASEAN lainnya seperti Malaysia, Vietnam ataupun Thailand. Oleh karena itu Kawasaki bersama Modenas dikabarkan akan segera merilis bebek kencang hasil kolaborasi kedua pabrikan.

Pasar motor bebek di Indonesia memang sedang hancur, namun berbeda jiak kita melihat market motor di Malaysia, motor bebek jauh lebih laris dibandingkan motor matic. Maka tak mengherankan jika Kawasaki juga kepincut masuk ke pasar ini.

Dilansir dari Pandulaju.com, CEO Modenas Roslan Roskan mengatakan, saat ini pihaknya sedang dalam proses untuk meluncurkan ‘Supercub 150 cc’ bersama dengan Kawasaki. Hal ini juga dibuktikan dengan kunjungan Keishi Fukumoto, kepala desain Kawasaki, yang pergi ke Malaysia baru-baru ini.

“Saat ini Modenas tidak memiliki produk di segmen underbone kategori tersebut (150cc ke atas). Jadi, kami sedang dalam proses memperkenalkannya (supermoped) kepada mitra kami.” ujar Roslan.

“Kami tidak akan menghentikan model ini (supermoped). Kami akan menjelajah ke segmen ini. Seperti yang saya katakan, segmen ini mencatat pertumbuhan tercepat di pasar moped.”

“Agar Modenas bangkit dan maju di tahun-tahun mendatang dengan Kawasaki sebagai mitra kami, tentu kami akan bergabung di segmen ini. Kalau tetap dengan segmen yang lebih kecil, itu tidak cukup.”

“Sejujurnya, Kawasaki saat ini tidak terlibat dalam pembuatan mesin berkapasitas kecil dan fokus pada mesin berkapasitas besar. Namun, dengan Kawasaki yang memiliki ekuitas di Modenas, Kawasaki akan berkontribusi dalam beberapa aspek saran teknis dan desain untuk produk kami di segmen kecil.”

“Sama seperti kunjungan dua perwakilan dari Jepang, ini sebenarnya bagian dari proses mereka (Kawasaki Jepang) untuk memahami segmen yang lebih kecil di pasar Malaysia.

“Dan bagi mereka untuk memberi saran kepada tim penelitian dan pengembangan (R&D) kami, termasuk tim pemasaran tentang bagaimana melangkah ke masa depan (dalam) segmen sepeda motor kecil untuk Modenas. Lebih khusus lagi, mereka (Kawasaki) telah mengalihkan fokus mereka dari kapasitas kecil menjadi hanya 250cc ke atas.”

“Tapi dari diskusi terakhir kami, Kawasaki tidak menutup kemungkinan untuk kembali dan terlibat di segmen sepeda motor berkapasitas kecil jika peluang untuk mengembangkan bisnis dengan Modenas cukup baik bagi mereka untuk berpartisipasi.” pungkas Roslan.

Sementara itu Roslan bungkam tentang spesifikasi supercub yang dimaksud. Jika proyek supercub Modenas/Kawasaki ini membuahkan hasil, kita dapat melihat lebih lengkap pilihan motor bebek kencang. Rumornya di Malaysia nanti bebek hasil kolaborasi antara Kawasaki dengan Modenas ini akan dibanderol berkisar 10.000 ringgit atau setara Rp 33,4 jutaan.

4 KOMENTAR

  1. heum…setelah berdiri sendiri mau lagi meneruskan proyek itu…
    tp sepertinya hanya untuk regional malaysia dg brand modenas nya
    kalo dr penuturan d atas kawasaki madih gengsi untuk main motor rakyat dejelata..bukan motor kecil…kawasaki punya motor keci macam Z125/ksr..tp itu motor sultan

  2. Tolong kawasaki, bebek 150cc nya jangan pakai kopling, ga ada kelebihan dibanding kompetitor, bosan ribet kopling, skutik ringkih & ga ada sensasinya.

    Bikin yg belum pernah ada, berani beda dan jadi solusi di tengah jenis motor yg jenuh gtu2 aja.

    Bikin bebek 150cc auto clutch. Praktis dapet, tangguh dapet, powerful dapet, fun to ride dapet. Isi gap antara skutik & sport.

  3. untuk kawasaki perbarui saja kaze zx 130 dibikin lebih sporti gagah dan lebih berani dari segi teknologinya karena pecinta kawasaki zx 130 dari awal pengeluaranya si baby ninja inget ya dudukan tangki jangan dirubah hanya dari segi bodi aja dan sok belakang harus mono sok oke, yg saya pinta cuma itu saja semoga ada perubahan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini