ARIPITSTOP.COM – Jika berbicara soal komposisi pembalap terutama di kelas MotoGP tentu kita akan melihat para pembalap Eropa sangat menguasai disini meskipun pembalap asal benua Amerika hampir bernasib sama seperti pembalap dari Asia. Seperti miris, karena pabrikan motor peserta MotoGP justru merupakan pabrikan asal Asia terutama dari Jepang. Namun pembalap dari Asia masih beruntung dibandingkan pembalap asal Amerika yang semenjak Nicky Hayden belum ada lagi penerusnya di kelas premiere, pembalap asal Asia dipastikan tetap akan ada minimal satu slot di setiap musimnya, hal ini disampaikan oleh tim LCR Honda.

Manajer Tim LCR Honda, Lucio Cecchinello, menegaskan bahwa salah satu dari dua slot yang ia miliki di MotoGP 2023 hanya untuk pembalap Asia. Artinya jika melihat kondisi pembalap Asia saat ini yang berlaga di kelas Moto3, Moto2 dan MotoGP maka akan ada 3 pembalap yang masuk kualifikasi untuk MotoGP musim 2024. Nasib Nakagami sedang dipertanyakan, dan kini dua pembalap Asia di kelas Moto2 yaitu Oi Ogura dan Somkiat Chantra sedang naik daun yang berpotensi kuat menggantikan posisi Nakagami di LCR Honda.

Musim ini adalah musim kelima Nakagami membela LCR Honda Idemitsu. Ia dikenal sebagai salah satu pembalap tangguh di Moto2, namun sampai kini belum juga meraih podium dan menang di MotoGP. Cecchinello meyakini Nakagami masih belum kehilangan performanya yang apik.

“Yang kita lihat, Taka sangat cepat saat tak punya tekanan balapan. Ini benar-benar terjadi, terutama pada sesi pemanasan. Jika Anda lihat musim 2021, dia itu ‘runner up’ sesi pemanasan. Tanpa tekanan balapan, ia rileks dan melaju cepat. Itulah alasannya bekerja dengan pelatih mental untuk memperbaiki aspek ini,” kisah Cecchinello dilansir dari PecinoGP.

Melihat progres yang stagnan, tentu masa depan Nakagami semakin menjadi tanda tanya besar. Baik LCR, Idemitsu, maupun Honda Racing Corporation (HRC) pun mulai melihat kans menggaet pembalap lain.

“Ini adalah musim kelima Taka di MotoGP bersama Honda dan 2020 masih merupakan musim terbaiknya,” tutur Cecchinello.

“Jadi, memang benar semua orang berharap lebih; Honda, dan juga sponsor kami. Di lain sisi, Anda hanya bisa menyalahkan sang rider jika Anda yakin punya motor yang 100% oke, yang mana tak terjadi saat ini. Jadi, kami harus tenang dan membantu rider kami berprogres,” lanjut mantan pembalap kelas 125cc ini.

Cecchinello menyebutkan jika saat ini hanya ada tiga opsi pembalap untuk LCR Honda di musim 2023 nanti. Kemungkinan Nakagami masih akan diperpanajng kontraknya satu tahun lagi sambil melihat performa antara Oi Ogura dan Chantra di Moto2.

“Proyek Honda Idemitsu adalah proyek Asia. Jadi, kami akan menggaet Taka, Ogura, atau Chantra. Saya pun takkan kaget jika Honda memutuskan memberi Taka satu musim lagi demi mengambil waktu mempertimbangkan kedua rider mereka di Moto2. Saya rasa perubahan cenderung baru akan terjadi pada 2024,” tutupnya.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini