ARIPITSTOP.COM – Fakta mengejutkan datang dari MotoGP seri Mugello Italia 2022, sirkuit yang dikenal sebagai berkumpulnya fans berat VR46 ini mengalami penurunan penonton di sirkuit hampir 50%. Pihak Dorna langsung turun tangan untuk mengatasi merosotnya jumlah penonton tersebut, apakah karena faktor Rossi pensiun?.

“Hal terakhir yang kami lihat di televisi adalah tribune-tribune yang kosong,” ucap Ezpeleta selaku Managing Director Dorna Sports, mengkritik promotor lokal Grand Prix Italia, putaran kedelapan Kejuaraan Dunia Balap Motor 2022, akhir pekan lalu. Pria asal Spanyol itu menilai, sedikitnya penonton menjadi tanggung jawab promotor setempat. Faktanya, tiket GP Italia 2022 memang tidak mampu terjual habis.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh MotoGP, penonton MotoGP Italia di sirkuit Mugello tahun 2022 ini hanya 74.078 untuk gabungan tiga hari akhir pekan, dengan race day pada Minggu hanya 43.661 penonton. Sementara pada dua tahun sebelumnya MotoGP Italia tembus 150.129 penonton (2018) dan 139.329 penonton (2019), menurut pihak Dorna bahwa harga tiket yang terlampau mahal mempengaruhi jumlah penonton di Mugello kali ini.

Untuk menonton dari tempat terbuka di padang rumput dan hanya hari Minggu (29/5/2022) saja, saat lomba, penyelenggara menetapkan harga 90 euro (sekira Rp1,4 juta) untuk pria dewasa. Wanita dikenakan 80 euro dan 70 euro untuk anak-anak hingga remaja berusia 14-18 tahun.

Bagi mereka yang menonton dari grandstand, juga hanya untuk balapan pada Minggu, tiket dijual dengan harga antara 170 sampai 310 euro (sekira Rp2,65 juta sampai Rp4,83 juta). Sementara harga tiket untuk tiga hari di tanah lapang dibanderol 150 euro dan di tribune mulai dari 220 euro. Adapun untuk tiket camping ground dijual seharga 100 euro.

Menurut Lorenzo, penurunan jumlah penonton dari sisi lain akibat Rossi yang sudah pensiun, ketika Rossi sudah tidak kompetitif saja penonton di Mugello sudah berkurang, kini semakin berkurang ketika Rossi sudah pensiun.

“Rossi telah membuat balap motor menjadi lebih besar, jika memungkinkan. Ini telah banyak membantu penggemar yang tidak mengikuti balap motor untuk mulai mengikutinya 15 atau 20 tahun yang lalu, dan itu telah sangat meningkatkan penonton. Hal ini sedang diperhatikan. Itu (penurunan penonton) terlihat ketika Rossi mulai sedikit menurun dalam hal hasil dan terlebih lagi ketika dia tidak ada di sini. Tahun ini hanya ada separuh jumlah penonton (di Mugello).” ujar Lorenzo.

“Semuanya berpengaruh (ada banyak hal yang mempengaruhi), tapi yang paling berpengaruh adalah Rossi tidak berada di grid bersaing dengan yang lain,” kata Lorenzo memberikan pandangannya, seperti dimuat Motosan.

sumber: Motorsport

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here