ARIPITSTOP.COM – Penerapan plat nomor warna dasar putih dengan tulisan hitam untuk kendaraan bermotor rencananya dimulai pada Juni 2022 menggantikan plat nomor berwarna dasar hitam. Tujuan perubahan warna pada Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) ini untuk kemudahan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau Tilang Elektronik.

Namun tidak semua kendaraan bisa langsung memakai plat warna baru ini, karena penggunaan plat nomor dengan warna baru ini akan dimulai dari kendaraan baru yang akan didaftarkan dan kendaraan yang masa berlaku TNKB-nya habis.

Meskipun plat nomor warna putih dan tulisan hitam akan diterapkan, namun penggunaan plat nomor kelir hitam pada masa transisi dipastikan tetap legal. Dengan catatan, pemilik kendaraan menjalankan semua kewajiban yang berkaitan dengan kepemilikan kendaraan bermotor, contohnya membayar pajak.

Dengan kata lain, kendaraan plat hitam yang masa berlakunya belum habis tahun ini tetap akan seperti biasa, alias tidak perlu melakukan pergantian lebih dulu. Pihak kepolisian akan memprioritaskan kendaraan yang baru diregistrasi, dan kendaraan yang sudah waktunya berganti nomor atau pajak lima tahunan.

Informasinya bahwa pergantian warna plat hitam menjadi putih ini nantinya tidak ada biaya tambahan. Masyarakat tidak perlu khawatir mengenai biaya tambahan yang akan dikeluarkan pada saat melakukan pergantian warna plat nomor dari hitam menjadi putih ini.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Acuannya Perpol No. 7, Tahun 2021, disahkan tgl 5 Mei 2021, berlakunya Juni 2022, setahun jaraknya jangan sampai ada yg nggak tau macam aturan nama di KTP kemaren, disahkan April dan langsung berlaku, Mei baru ada beritanya di TV 🤣

  2. Semoga kualitasnya lebih baik dari yang plat hitam. Pengalaman setiap perpanjang plat pasti cat nya mbleber kemana mana gak pernah rapi, karena risih, saya bawa ke tukang plat sekalian dirapihkan. Semoga plat baru konsisten kualitasnya, gak mbleber lagi, misal harus bayarpun saya sih gapapa asalkan rapih. Ooya, plat yang baru masih boleh ditekuk gak ya tiap sisinya kaya plat hitam yang lama? Biar tetap rapi tanpa lubang baut dan tanpa frame plastik gratisan dari dealer, jadi minimalist gitu.

    • Setuju tuh… sama sdah beberapa kali pengalaman kaya gitu, Cat mleber karna ketokan nya asal”an, klo ketokannya rapi pasti ke cat nya jga rapi.. dn jga plat nmor gk gratis sbnarnya, ada administrasinya itu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here