ARIPITSTOP.COM – Kabar kurang sedap sedang menghinggapi kubu Suzuki, setelah sudah tekat mundur dari ajang balapan MotoGP secara mendadak di akhir musim 2022 ini, ternyata Suzuki juga berhenti menjadi sponsor utama olahraga Sepakbola piala AFF yang sudah terjalin sejak 2008 silam.

Suzuki mengakhiri keikutsertaannya diajang balapan MotoGP di akhir musim 2022, kondisi ini bukan pertama kalinya terjadi, sebab pada tahun 2011, Suzuki pun pernah mundur dari MotoGP dengan alasan krisis finansial.

Pengumuman hengkangnya Suzuki tersebut mengejutkan dan tidak diprediksi sama sekali. Apalagi melihat performa pembalapnya yang menunjukan hasil positif di musim MotoGP 2022. Melihat hal itu, sejumlah pengamat mengkoneksikan hengkangnya Suzuki dengan kasus mesin illegal terbarunya yang terjadi di Eropa.

Saat ini Suzuki dikabarkan sedang tersandung masalah denda cukup besar atas penggunaan perangkat mesin ilegal yang menyalahi peraturan emisi NOx di Eropa. Suzuki digosipkan sedang menghemat anggaran untuk menutupi jika resmi harus membayar denda akibat kasus tersebut. Oleh karena Suzuki secara berat hati harus membubarkan timnya di MotoGP, namun ternyata hal ini juga merambah bukan hanya di balapan.

foto detik.com

Setelah bekerja sama dengan Suzuki sejak 2008, Konfederasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi menggandeng sponsor baru untuk Piala AFF 2022. Perusahaan perangkat elektronik asal Jepang, Mitsubishi Electric, resmi menjadi sponsor resmi.

Jika selama ini, atau sejak 2008, Piala AFF memiliki nama resmi AFF Suzuki Cup, maka mulai Piala AFF 2022 turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara itu akan memiliki nama resmi AFF Mitsubishi Electric Cup 2022.

Mitsubishi Electric menjadi sponsor utama ketiga dalam sejarah Piala AFF, setelah Tiger dan Suzuki. Presiden AFF Khiev Sameth mengaku senang Piala AFF memiliki sponsor baru.

“Saya sangat senang Mitsubishi Electric bergabung dengan kami sebagai sponsor utama yang baru. Saat Kejuaraan AFF memasuki edisi ke-14, kami harus terus berinovasi dan membuka jalan baru untuk menghadapi tantangan masa depan,” ucap Sameth dilansir dari Cnn indonesia.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Motor suzuki yang jelek2 di boyong ke Indonesia tapi yang bagus2 malah di luar padahal market roda 2 Indonesia besar, merk ini memang ego nya gede banget lihat saja tuh di motogp dia gak mau sponsor utama karena karena gak mau tulisan suzuki nya di geser sampai segitu nya gila.

  2. Membangkrutkan diri kalo cuma jualan lele dumbo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here