ARIPITSTOP.COM – Yamaha Aerox 155 dan Lexi 125 memang sampai saat ini masih ada saja yang dihinggapi masalah eror kode 12 disertai motor mogok, kode 12 ini artinya ada masalah di seputar Crankshaft Position Sensor, Kebanyakan hal ini disebabkan oleh soket yang menyambungkan antara spull dengan kabel body terlihat gosong terbakar, Ini mengakibatkan suplai listrik yang diterima SGCU menjadi gak stabil / kurang sehingga motor tidak bisa dihidupkan. Akan tetapi masih ada masalah lain selain soket terbakar, salah satunya yang terjadi pada motor ini.

Awalnya datang motor Aerox 155 dalam kondisi mogok karena terkena kode 12, ketika dicek bagian soket di spull ternyata kondisi soket masih sangat bagus tidak ada indikasi gosong karena terbakar. Kemudian dicek bagian aki, relay starter, sekring serta kabel-kabel masih pada normal. Lanjut buka spull di balik magnet, ternyata ini dia…

Jadi kondisi spull di motor Aerox 155 ini sangat kotor banget bahkan kotoran debu tanah yang menempel sangat tebal banget. Karena kotoran ini yang menyebabkan kinerja sensor CKP jadi terganggu, bukan hanya itu saja karena kondisi spull yang sangat kotor ini tentu berpengaruh pada sistem pengisian setrum ke Aki.

Yang jadi pertanyaan adalah kenapa bisa sampai spull kotor banget?, yap… akibat seal kruk as yang bocor akhirnya membuat rembesan oli di skitar spull. Oli mesin rembesan yang menempel di spull membuat kotoran pada menempel, karena didiamkan terus tidak ketahuan karena seal bocor akhirnya kotoran terus menempel sampai menggunung.

Solusinnya tentu ganti seal kruk as dan bersihkan semua kotoran yang menempel di spull.

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Problem yamaha: seal kruk as gampang rusak /bocor. Motor ane dan kawan2 di komunitas yamaha xride sering kena ganti seal kruk as. Setahun bisa 2-3 kali

  2. motor aerox saya pakai 4 tahun aman aman aja…..pakai top speed setiap hari
    cuma rajin ganti oli setiap 2rb km
    tune up setahun sekali aja sekalian servis injector
    motor saya yg boros kampas rem depan setahun ganti 2X

    kalau beat saya pake belum setahun piston udh baret,suara klik klik klik dan ngebul tipis
    akhirnya oli abis jebol…..ngajuin.garansi berbelit belit
    ganti ini itu habis 2jt

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here