ARIPITSTOP.COM – Indonesia kini sudah menerapkan tilang elektronik berkat teknologi kamera canggih yang bisa mendeteksi kecepatan kendaraan, kemudian kamera ini juga mendeteksi pemotor yang tidak memakai helm atau driver yang tidak memakai sabuk pengaman atau kendaraan yang melanggar lalu lintas, namun kini sudah ada teknologi baru dimana kamera tilang elektronik bisa mendeteksi suara kebisingan dari knalpot bising.

Kamera ETLE yang terbaru di Indonesia adalah Kamera ETLE yang dibekali fitur speedcam, kamera jenis ini mendeteksi kecepatan kendaraan dan secara otomatis akan menilang kendaraan yang melanggar batas kecepatan yang sudah ditentukan.

Sebelumnya kamera ETLE juga digunakan untuk mendeteksi kendaraan yang melanggar lalu lintas bahkan pengendara yang tidak tertip seperti tidak memakai helm, tidak memakai sabuk pengaman, dll.

Kini kamera tilang elektronik sudah bisa mendeteksi suara yang dikeluarkan dari knalpot kendaraan. Melansir Carscoops, pemerintah California, Amerika Serikat, berencana akan memperkenalkan aturan baru soal suara bising dari knalpot kendaraan. Nantinya akan dipasangi sejumlah kamera pengawas di berbagai ruas jalan, lalu kamera tersebut dapat mendeteksi secara otomatis jika kendaraan mengeluarkan suara bising.

Jadi kamera ini khusus hanya mendeteksi suara kebisingan dari knalpot saja, Kamera tersebut juga memiliki alat pengukur desibel khusus kendaraan. Sehingga jika ada kendaraan yang kedapatan mengeluarkan suara bising, kamera langsung mengambil gambar lalu segera diproses untuk mengirim surat tilang kepada pengendara.

Kamera penilang knalpot bising ini sudah diterapkan di beberapa daerah bagian di Amerika Serikat seperti di NewYork dan rencana akan diterapkan di California. Di negara Prancis juga sudah menerapkan kamera ini di beberapa ruas jalan.

Lalu, apakah Indonesia akan menyusul teknologi terbaru dari kamera tilang elektronik ini?.

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. gak efek banyak yg lepas plat nomor saat ini buat menghindari etle karna razia sdh dikurangi bahkan ya…sepi jd ya rame rame pd lepas plat nomor terutama motor kl mobil pemalsuan plat nomor gak efek mala banyak salah tilang mala

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here