ARIPITSTOP.COM – Touring menggunakan sepeda motor merupakan salah satu kegiatan yang dapat Kita lakukan untuk mengisi akhir pekan atau libur panjang. Kamu bisa mengajak teman-teman untuk menjelajahi berbagai tempat baru yang menarik, baik di perkotaan maupun di perdesaan.

Pada umumnya, touring sepeda motor membutuhkan rute dengan jarak tempuh yang jauh. Oleh karena itu, persiapan dan perlengkapan touring sangatlah penting untuk diperhatikan. Persiapan ini meliputi banyak hal, mulai dari kondisi tubuh, peralatan, bekal, dan kelengkapan kendaraan.

Tujuan dari mempersiapkan segala hal ini adalah supaya perjalanan Kita lebih aman dan nyaman. Bak kata pepatah, sedia payung sebelum hujan, jika terjadi sesuatu Kita sudah terlebih dahulu mempersiapkan alat-alat yang dapat membantu.

Selain dari perlengkapan motor, tidak ketinggalan juga sebuah action cam yang dapat Kamu gunakan untuk merekam keseruan selama di perjalanan. Biasanya Biker akan meletakan kamera ini pada helm atau di depan dasbor motor. Untuk lebih lengkapnya, berikut daftar persiapan sebelum touring.

foto: Pexels.com – @kelly-I-1179532

Periksa Kondisi Tubuh

Perjalanan mengendarai motor untuk menempuh jarak yang jauh tentunya akan menguras tenaga. Hal ini membuat Kamu harus benar-benar memeriksa kondisi tubuh sebelum berangkat. Tidak usah memaksakan apabila Kamu merasa tidak fit karena justru akan membahayakan di perjalanan nantinya.

Sebelum keberangkatan Kamu juga disarankan untuk mengatur pola makan sehat dan tidur yang cukup, bahkan tidak ada salahnya jika Kamu mengonsumsi suplemen atau vitamin. Pada malam harinya, jangan coba-coba untuk begadang karena akan berdampak pada kebugaran tubuh Kita.

Apabila Kamu merasa lelah di tengah perjalanan, mintalah rekan-rekan untuk berhenti sejenak. Beristirahatlah untuk memulihkan kembali kondisi tubuh yang lelah. Untuk ini, Kita dapat memilih tempat yang pastinya tidak akan mengganggu pengguna jalan yang lain.

Pastikan Motor dalam Kondisi Prima

Persiapan selanjutnya adalah Kita harus memeriksa dan memastikan kondisi motor yang siap untuk touring. Perjalanan yang jauh tidak hanya menuntut kondisi si Biker, tetapi juga motor yang prima.

Kamu perlu memeriksa setiap komponen pada motor yang akan Kamu gunakan, seperti memilih oli yang tepat, cek kondisi ban, mengencangkan baut motor, dan lainnya. Apabila tidak yakin untuk memeriksanya sendiri, disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan servis pada bengkel terpercaya.

Mencuci motor hingga bersih juga dapat Kamu lakukan sebagai salah satu langkah persiapan sebelum touring. Terlebih lagi Kamu akan merasa lebih percaya diri dengan tampilan motor yang mengkilap. Dengan demikian, Kamu tidak perlu khawatir lagi akan performa motor saat di perjalanan.

Kenali Rute Perjalanan

Mengenali rute yang akan dilewati dari segi kondisi dan karakter akan membantu Kamu untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan. Terlebih, jika Kamu dan rombongan memilih lokasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.

Dengan memahami rute touring, Kamu dapat riding dengan lebih hati-hati karena telah mengetahui titik mana yang rawan kecelakaan. Beberapa hal yang dapat menyebabkan kecelakaan seperti buruknya kondisi jalan, kawasan padat penduduk, hingga kurangnya rambu lalu lintas.

Untuk tujuan kenyamanan, Kamu bahkan dapat mempersiapkan setelan suspensi motor agar terasa nyaman di segala kondisi jalan. Rute perjalanan juga bisa Kamu download dan bagikan melalui aplikasi peta pada smartphone yang berguna agar Kamu tidak tersesat di jalan.

Memastikan Surat Kendaraan dan Identitas

Setelah memeriksa kondisi tubuh, motor, hingga mengenali rute perjalanan, Kita juga harus memastikan surat-surat kendaraan dan identitas secara lengkap. Bawalah Surat Keterangan Nomor Kendaraan (STNK), Surat Izin Mengemudi (SIM), dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.

Dengan membawa surat-surat tersebut, perjalanan Kita akan jadi lebih aman, terlebih apabila Kamu melintasi beberapa kota. Selain itu, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti dompet yang tercecer dan kecelakaan di jalan, Kamu akan dapat dikenali melalui surat-surat yang ada. Oleh karena itu, penting untuk menyimpannya pada satu tempat yang mudah dijangkau.

Persiapkan Barang Bawaan Helm

Helm berguna untuk melindungi kepala Kamu dari risiko benturan atau cedera apabila terjadi kecelakaan. Penting bagi Biker memilih helm berstandar SNI untuk memastikan helm dengan kualitas yang baik. Selain itu, dengan memakai helm, Kamu juga akan terlindungi dari debu serta pasir di perjalanan.

Jaket Tebal

Jaket diperlukan untuk melindungi tubuh Kita dari angin dan cuaca yang bisa berubah sewaktu-waktu. Pilihlah material jaket yang lentur tetapi tetap nyaman saat dipakai touring. Kamu bisa pilih jaket khusus touring dengan warna terang sehingga tetap terlihat saat kondisi minim cahaya.

Jas Hujan

Perlengkapan satu ini wajib dibawa jika Kamu melakukan touring saat musim hujan. Pemilihan bahan jas hujan pun penting agar Kamu terhindar dari rembesan air hujan. Tidak hanya melindungi badan, Kamu juga dapat membeli kain anti air untuk menutupi barang bawaan.

Ketika hujan, jarak pandang pengendara tentu akan semakin berkurang, apalagi ditambah dengan suasana yang gelap. Untuk itu, sebaiknya Kamu menggunakan jas hujan yang berwarna cerah atau yang bisa memantulkan cahaya.

Sepatu

Sebenarnya Kita bisa saja menggunakan sepatu yang dimiliki saat ini. Namun, alangkah baiknya jika Kamu menggunakan sepatu yang cocok untuk aktivitas yang satu ini. Alas kaki yang tepat adalah sepatu yang berbahan kuat dan anti air, gunanya untuk meminimalisir cedera dan membuat Kamu lebih nyaman saat riding.

Peralatan dan Suku Cadang

Membawa alat-alat seperti tool kit akan berguna jika terjadi sesuatu saat Kamu melakukan touring bersama rekan-rekan. Peralatan motor dan beberapa suku cadang seperti busi, obeng, dan sejenisnya dapat Kamu gunakan apabila terjadi kerusakan pada motor tanpa harus mampir ke bengkel.

Perlengkapan Lainnya

Selain peralatan di atas, Kamu juga dapat membawa barang-barang lainnya yang berguna saat di perjalanan. Jika Kamu touring berhari-hari, tentu pakaian ganti adalah hal wajib untuk Kamu persiapkan. Bawalah pakaian ganti secukupnya serta peralatan mandi seperti, handuk, sabun, sikat dan pasta gigi, dan barang lainnya.

Agar tidak kehabisan baterai dan tetap bisa berkomunikasi, Kamu bisa membawa power bank untuk mengisi ulang smartphone Kamu. Power bank akan sangat berguna terlebih jika rute yang Kamu tempuh jauh dari fasilitas publik dan pemukiman.

Demikian persiapan yang bisa Kamu perhatikan sebelum memulai touring. Pastikan semuanya dalam kondisi baik dan Kamu bisa membawa peralatan lainnya yang dirasa perlu. Selamat berkendara!

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here