ARIPITSTOP.COM – Ketika pihak Kepolisian sudah prihatin dengan kondisi motor bebek yang dibuat semakin kencang oleh pabrikan dan dinilai berbahaya oleh pihak Kepolisian karena menjadi faktor penyumbang terbanyak kejadian kecelakaan, pada akhirnya seorang Jendral Polisi di Malaysia mengusulkan untuk mengharamkan motor seperti Suzuki Satria F150 dijual di Malaysia karena Top Speednya mencapai 177km/jam.

Dilansir dari Motomalaya, Ketua Polis Negara (KPN) Acryl Sani Abdullah Sani menyatakan keprihatinan atas kinerja tinggi motor Kapcai alias motor bebek di Malaysia. Acryl Sani menggambarkan motor bebek berperforma tinggi sebagai salah satu alasan meningkatnya kecelakaan di jalan.

Pernyataan itu dibuat menyusul laporan sebelumnya yang mengungkapkan bahwa Suzuki Raider R150 Fi atau Suzuki Satria F150 (Indonesia) dapat mencapai 177km/jam diatas mesin dyno.

“Kendaraan (kapcai) seperti ini wajib diharamkan di Malaysia (karena) tidak ada relevansinya dengan kecepatan 177 km/jam di jalan raya sedangkan batas kecepatan maksimum 110 km/jam (di jalan raya),” katanya.

Baginya, sepeda motor jenis bebek termasuk penyumbang kecelakaan fatal. β€œIni (penguncian kecepatan) salah satu penyumbang tingginya angka kecelakaan dan kematian di kalangan pengendara sepeda motor dan (kegiatan),” tambahnya.

Setelah itu, pihak KPN mengusulkan agar kapcai/motor bebek berkinerja tinggi dilarang dijual di pasar lokal. Pada saat yang sama, Acryl Sani juga mengharapkan The Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS) bisa segera merumuskan kebijakan sepeda motor yang aman di masa depan.

Intip Spesifikasi Suzuki Rider R150Fi Yang Diusulkan Diharamkan Dijual di Malaysia

Advertisements

10 KOMENTAR

  1. itu kan di atas mesin dyno yg kondisi ruangan dynonya beda 180ΒΊ dgn real di jalanan. ga segampang itu mencapai 150kpj sekalipun di jalan tol.

  2. Kocak sekali mengharamkan motor merk tertentu hahaha… antara tolol atau memang keblinger, sebenarnya tinggal kasih aturan ke semua kendaraan motor bebek masalah speed selesai.

  3. 177 on Speedo & “run” @dyno…πŸ˜„πŸ˜„.
    Di kurangi gaya gesek ban, hambatan angin, bobot pengendara dll, real nya sama dengan……. Km/jam GPS (isi sendiri).

  4. Tapi di malaysia masih jual, Malah di malaysia udh beda sama di indonesia dari posisi lampu sein nya misah dan bukan hanya itu mx king bentuknya beda di malaysia jauh lebih bagus di banding indonsia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here