ARIPITSTOP.COM – Kabar menghebohkan datang dari paddock MotoGP yang saat ini sedang berada di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina. Pada Kamis (31/3/2022). Pasalnya Kargo yang digunakan untuk keperluan balapan datang terlambat yang mengakibatkan kekacauan jadwal MotoGP Argentina 2022. Empat dari lima kargo gabungan dari kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP yang diterbangkan dari Mandalika, Lombok, dua pekan lalu sudah tiba di Termas de Rio Hondo. Namun, yang satu lagi tertahan di Mumbasa, Kenya, akibat masalah teknis.

Carmelo Ezpeleta memaparkan jika satu dari lima penerbangan mengalami masalah di Mombasa, Kenya. Dan keputusan mengirim pesawat yang sudah tiba di Termas untuk kembali ke Lombok juga terkendala.

“Karena dua masalah terpisah yang mempengaruhi dua [dari lima] penerbangan yang berbeda, pengiriman terakhir untuk GP Argentina sekarang akan tiba di negara itu pada hari Jumat. Penerbangan tersebut berisi kargo untuk semua kelas Kejuaraan Dunia MotoGP FIM, dengan perubahan jadwal waktu karena itu wajib untuk semua kelas.”

“Masalah dimulai Rabu lalu ketika salah satu dari lima pesawat mengalami masalah teknis saat berhenti di Mombasa, Kenya. Pesawat pertama yang sudah tiba di Tucuman kemudian dikembalikan ke Lombok untuk mengangkut lebih banyak barang, dan sayangnya juga mengalami masalah teknis saat singgah pada Rabu malam lalu.” sebut Carmelo Ezpeleta.

“Ini masalah yang muncul tidak terduga, terus terang ini grand prix ke-499 yang kami selenggarakan dan untuk kali pertama kami dapat problem tersebut, bukan hal positif, tetapi ini yang pertama. Tujuannya adalah balapan di Argentina dan Austin pekan depan,” kata Ezpeleta.

Akibat kekacauan ini, Dorna merilis jadwal baru untuk GP Argentina. Aktivitas di hari jumat ditiadakan untuk semua kelas. Aktivitas trek ketiga kelas dipastikan baru bisa digelar pada Sabtu (2/4/2022) pagi waktu setempat, dimulai dengan sesi latihan bebas pertama (FP1) dan kedua (FP2). Sesi latihan bebas ketiga (FP3) Moto3 dan Moto2 dihapus, dan sesi latihan bebas keempat (FP4) MotoGP berganti nama menjadi FP3 untuk sementara. Setelahnya, sesi kualifikasi bakal digelar.

Sesi pemanasan (WUP) pada hari Minggu (3/4/2022) juga dipastikan akan mendapatkan perpanjangan waktu agar seluruh tim dan pembalap bisa mempersiapkan diri lebih matang. Sementara itu, jadwal balapan akan digelar sesuai rencana awal, tanpa perubahan apa pun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini