ARIPITSTOP.COM – Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) diusulkan bebas biaya alias gratis. Hal ini diusulkan oleh anggaota DPR ketika rapat dengar pendapat Komisi III antara Kakorlantas Irjen Firman serta Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Mabes Polri, Komjen Ahmad Dofiri.

Anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mengusulkan agar penerbitan Surat Catatan Kepolisian (SKCK) dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) digratiskan. Dalam rapat tersebut, Habiburokhman mengusulkan kepada Kakorlantas Irjen Firman Shantyabudi dan Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Mabes Polri, Komjen Ahmad Dofiri, agar biaya perpanjangan SIM dan Pembuatan SKCK bisa digratiskan.

“Saya minta, ini lebih sharing, karena kebijakannya bukan ada di bapak. Soal pungutan terkait perpanjangan SIM, terutama SIM motor. Karena ini dasarnya kan di PP 76 tahun 2020, tapi kalau saya melihat untuk pembuatan SIM masih masuk akal, tapi kalau untuk perpanjangan SIM, kita masih pungut dari masyarakat apalagi kendaraan bermotor, saya pikir agak kurang pas. Karena SIM ini sebagian masyarakat yang susah cari kerja sana sini digunakan untuk mencari nafkah untuk dia ojol, biasa mengantar paket dan lain sebagainya. Modalnya hanya kemampuan berkendara,” kata Habiburokhman dalam rapat dengar pendapat Komisi III.

Usulan ini pun mendapat dukungan dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Adies Kadir. Menurutnya, usulan ini akan lebih tepat jika dibahas di Komisi V untuk perbaikan regulasinya, karena Korlantas Polri dan Baintelkam merupakan pihak penyelenggara.

Menanggapi usul tersebut, Kakorlantas mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari pemerintah. “Ke depannya apakah ini akan digratiskan? kami masih menunggu keputusan pemerintah,” ujar Firman.

3 KOMENTAR

  1. Jujur aja..
    Saya ngeliat ini sebagai pengalihan isu
    DPR menaikan harga pertamax yg kabarnya kenaikannya sangat tinggi, disaat itu jg DPR mengusulkan perpanjangan SIM gratis

    Gini ya pakbapak buibu DPR yg terhormat.
    Saya lebih mengapresiasi JIKALAU perpanjang SIM berbayar dibanding pertamax (BBM) naik tinggi.. perpanjang sim palingan keluar duit 150rb tiap 5tahun sekali.. lah kalo beli pertamax (BBM) 16ribu perliter belinya setiap hari..

    Ampuuun deh pemerintah lg ngelawak ??

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini