ARIPITSTOP.COM – Marc Marquez terlempar dari motor RC213V miliknya ketika masuk ke Tikungan 7 sirkuit Mandalika. Tubuhnya terjatuh keras di aspal, sementara motornya rusak parah. Dia sempat bangkit dan dibawa ke Medical Center. Marc Marquez juga dilarikan ke Rumah Sakit Mataram dengan helikopter. Di sana, ia didiagnosis gegar otak dan disarankan tidak ikut balapan. Belum sampai disitu, ketika sampai di Spanyol ternyata Marc Marquez kembali didiagnosa mengalami Diplopia. Jika tidak bisa tampil di GP Argentina, Honda tidak banyak waktu untuk cari penggantinya, pihak Dorna juga sudah mengingatkan perihal batas waktu mencari pembalap pengganti Marc Marquez.

Cideranya Marc Marquez membuat Honda harus memikirkan nama pengganti juara dunia delapan kali tersebut untuk GP Argentina bahkan sampai GP Amerika jika Marc Marquez belum boleh dinyatakan untuk ikut balapan. Mencari pembalap pengganti tidak mudah, karena ada batasan waktu yang sudah ditentukan oleh Dorna untuk semua tim di semua kelas GP. Seperti semua tim lainnya, Honda diberikan waktu 10 hari untuk memilih pembalap menjelang GP berikutnya di kalender.

Alasan panjangnya waktu bagi tim-tim untuk mencari pembalap pengganti adalah untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin saja terjadi. Misalnya, jika seorang pembalap mengalami cidera atau terjadi force majeure di Argentina akhir pekan depan (1-3 April), mereka tidak perlu mencari pengganti untuk Grand Prix Amerika hanya tujuh hari kemudian (8-10 April).

Namun, mereka akan diminta untuk menyebutkan satu nama untuk balapan pembuka di Eropa yang akan digelar di Portimao, Portugal, pada 24 April. Ketika ada libur akhir pekan di antara Grand Prix, maka pembalap pengganti harus ditunjuk pada saat balapan berikutnya bergulir.

Jadi, jika seorang pembalap tidak mampu berlomba dan tim tak ingin membuang waktu untuk menggantikannya, tetap saja ada batasan waktu untuk memilih pengganti. Di kelas Moto2 dan Moto3, batasan waktu itu adalah dua jam setelah sesi latihan bebas kedua (FP2) berakhir. Jadi, pada akhir sesi hari Jumat. Sedangkan untuk kelas MotoGP, batasan waktu yang diberikan kepada tim untuk mengusulkan nama pembalap pengganti adalah dua jam sebelum kualifikasi. Alasan waktu lebih lama ini karena kelas MotoGP memiliki satu sesi FP ekstra pada Sabtu.

Dalam kasus Honda, biasanya, Test Rider Stefan Bradl mengambil alih kendali RC213V ketika Marquez berjuang dengan cidera. Ini tentu saja tergantung pada nomor 93 yang dinyatakan tidak layak oleh para dokter, dan untuk sementara, tentu kita semua berharap agar Marc Marquez bisa segera kembali ke trek.

sumber: motogp.com

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini