ARIPITSTOP.COM – Selain sirkuit Mandalika untuk balapan MotoGP, sirkuit Ancol untuk balapan Formula E, satu lagi akan dibangun sirkuit yang direncanakan untuk balapan Formula 1 yang berlokasi di Bintan Kepulauan Riau. Bahkan proses pembangunan akan dimulai 17 Maret 2022 diawali dengan proses peletakan batu pertama.

Sirkuit bertaraf International nantinya akan tersebar dari ujung barat hingga timur Indonesia, pasalnya setelah sirkuit Mandalika juga tengah dirancang di pulau Bintan. Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menerangkan pembangunan sirkuit yang memanfaatkan lahan sekitar 200 hektare di kawasan Bintan Motorsport, ditargetkan selesai pada tahun 2023. Sirkuit tersebut nantinya bisa digunakan untuk menggelar Formula 1.

Menurut Bambang Soesatyo, menjelaskan bahwa peletakan batu pertama pembangunan Sirkuit Internasional F1 di Lagoi Bintan, Provinsi Kepulauan Riau akan dilakukan 17 Maret 2022. Sirkuit tersebut ditargetkan oleh IMI menjadi sirkuit termegah di kawasan Barat Indonesia, saat ini tim kajian sedang merampungkan Detail Engineering Design (DED) terkait teknis tanah maupun kondisi alam tempat sirkuit Formula 1 alias F1 tersebut akan dibangun.

“Saat ini tim kajian sedang merampungkan Detail Engineering Design (DED) terkait teknis tanah maupun kondisi alam tempat Sirkuit Internasional F1 Bintan yang akan dibangun. DED Sirkuit Internasional F1 Bintan menyamai konsep Sirkuit di Mandalika yang mengedepankan pemandangan alam. Sirkuit Internasional F1 Bintan dirancang menawarkan pemandangan laut Bintan yang indah,” ujar Bamsoet saat Menerima Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad dan General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab di Jakarta.

“Lokasi Bintan Motorsport sangat strategis. Hanya memerlukan waktu sekitar 18 menit dari Bandara Hang Nadim, 30 menit dari pelabuhan Ferry Batam Centre, 40 menit dari Nagoya Pusat belanja, dan 45 menit dari Harbour Bay Batam. Lokasinya yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia, menjadikan industri pariwisata di Bintan sangat kompetitif. Sangat tepat dikembangkan menjadi arena Motorsport bertaraf internasional, sebagai destinasi sport automotive tourism unggulan dalam mendukung pengembangan Batam menjadi salah satu kota wisata terbaik di Indonesia,” tutur Bamsoet.

Jika sudah rampung terlaksana maka Indonesia akan semakin banyak memiliki sirkuit yang berkelas Internasional yang bisa digunakan untuk balapan sekelas Formula 1 atau MotoGP. Atau nantinya bisa dibagi, balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika lalu sirkuit di Pulau Bintan ini untuk balapan Formula 1.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here