ARIPITSTOP.COM – Meski awalnya Toprak selalu menegaskan jika dirinya sudah nyaman di WSBK tidak mau pindah ke MotoGP, namun kini juara dunia WSBK 2021 tersebut dikatakan sudah semakin mengendor. Yamaha dikabarkan semakin getol ingin menggaet Toprak pada 2023 nanti dan Toprak sudah dijadwalkan menjajal motor M1 pada tahun ini. Lalu siapa yang akan digantikan, apakah Quartararo yang akhir-akhir ini selalu mengeluh dengan motornya atau Morbidelli yang sejak pindah ke tim pabrikan justru tidak bisa memperebutkan podium.

Razgatlioglu tampil impresif selama WSBK 2021. Pembalap berusia 25 tahun asal Turki itu berhasil menjuarai WSBK untuk pertama kalinya di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada November silam. Ini membuat Razgatlioglu diprediksi berniat pindah ke MotoGP dan menjadi pembalap Yamaha di musim 2023. Saat ini, dia masih terikat kontrak dengan Pata Yamaha dan tengah bersiap untuk WSBK 2022.

“Yamaha ingin membawa Toprak ke MotoGP. Ia punya kontrak dengan Yamaha sampai akhir 2023. Pada awalnya, kontrak itu untuk WorldSBK, namun kini mereka ingin melihatnya di MotoGP. Yamaha telah memberi kami tawaran tim satelit. Namun, saya tegaskan pada mereka bahwa kami tak tertarik pada itu,” tutur Sofuoglu.

Toprak Razgatlioglu sudah dijadwalkan menjalani tes tertutup di atas M1 milik Quartararo di salah satu trek Eropa, didampingi oleh sang test rider, Cal Crutchlow. Sofuoglu menyatakan bahwa tes itu bakal sangat krusial untuk melihat apakah Toprak memang punya potensi untuk tampil di MotoGP.

“Jika mereka memberi tawaran itu (tim pabrikan), kami jelas terbuka. Jika tidak, kami senang tetap di WorldSBK. Tapi Yamaha masih tertarik pada Toprak, jadi jelas ada opsi pindah ke MotoGP 2023. Itulah alasan tes digelar. Kami ingin melihatnya di atas M1. Jika ia menikmatinya dan bisa tampil baik, jelas ada kans untuk perubahan besar,” tutur Sofuoglu.

Besar kemungkinan Razgatlioglu akan menggantikan Quartararo di MotoGP 2023. Pasalnya, El Diablo -julukan Quartararo- konon tidak puas dengan performa Yamaha dan belum memperbarui kontraknya. Di sisi lain, Franco Morbidelli masih memiliki kontrak hingga musim 2024.

“Saya tak tahu situasi kontrak Yamaha di MotoGP saat ini. Tapi saya bilang, mereka mengambil keputusan di mana kami bisa tanda tangan kontrak dua tahun, entah itu tim pabrikan WorldSBK atau tim pabrikan MotoGP. Itu pesan yang jelas dan mereka tahu posisi kami. Tapi saya rasa kita akan lihat Toprak di MotoGP tahun depan. Saya percaya itu,” pungkasnya.

sumber: Motorsport-Magazin

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here