ARIPITSTOP.COM – Pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika, Lombok, sepanjang sekitar 1,6 km telah dimulai pada Sabtu (5/3/2022), pukul 14.00 WITA jelang MotoGP Indonesia. Proses pengaspalan ulang mulai dari sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5 – atau sepanjang 1,6 km, target tanggal 10 Maret 2022 sudah selesai.

Pengerjaan dimulai dari pengelupasan permukaan aspal lama sedalam 4 cm yang dilakukan sejak akhir bulan lalu, sambil menunggu bahan baku aspal baru selesai diteliti di laboratorium. Sabtu (5/3/2022), bahan baku aspal sudah datang di Sirkuit Mandalika dan pengaspalan ulang pun mulai dilakukan. Tahap awal dimulai setelah Tikungan 16 sampai Tikungan 17.

Direktur Utama MPGA, Priandhi Satria, menjelaskan bahwa pengaspalan dimulai setelah proses pengelupasan lintasan sedalam 4 cm selesai dilakukan. Lintasan sirkuit akan dilapisi aspal yang menggunakan teknologi Stone Matic Asphalt (SMA).

“Sebelumnya sudah dilakukan simulasi atau uji coba kimia pengikat dicampur dengan aspal dan kerikil. Kami menargetkan pengaspalan selesai 10 Maret dan berupaya bisa merampungkan dengan sempurna,” kata Priandhi.

Dalam memperbaiki aspal Sirkuit Mandalika, MGPA terus berkoordinasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), konsultan dan PT Pembangunan Perumahan (PP).

Semua pekerjaan dilaksanakan secara terstruktur dan terukur dan perkembangannya juga terus disampaikan ke pihak Dorna Sports dan FIM.

Track and Race Control Supervisor MGPA, Awallutfi Andhika, menjelaskan pengaspalan ulang dibagi dalam lima segmen. Masing-masing segmen bervariasi jaraknya karena ada trek lurus dan tikungan yang berbeda.

“Targetnya selesai tanggal 10 Maret,” ucapnya.

Setelah resurface selesai, lintasan akan dibersihkan dengan track jet dan sweeperGrip test juga akan dilakukan secara makro untuk tekstur, serta kepadatan aspalnya yang melibatkan RMI, R3 dan desainer sirkuit, MRK1.

Selain pengaspalan ulang, MGPA juga membenahi fasilitas lain, seperti pengerjaan tribun penonton di area Hospitality Suite VIP VillageGrandstand dan Royal Box. Seluruh fasilitas pendukung tersebut ditargetkan rampung sebelum MotoGP Indonesia.

MotoGP Indonesia akan digelar pada 18-20 Maret, dua pekan setelah Grand Prix Qatar di Sirkuit Losail, 4-6 Maret. Beberapa rombongan dikabarkan akan mulai tiba pada Senin (7/3/2022).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini