ARIPITSTOP.COM – Tahun 2022 ini akan menjadi tahun penting bagi Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), selain harus menggelar balapan MotoGP dan WSBK di sirkuit Mandalika, Pemprov NTB juga tengah menyiapkan sirkuit untuk kejuaraan dunia motocross atau MXGP. Ajang itu dijadwalkan akan digelar 26 Juni 2022 di kawasan Samota, Sumbawa.

Untuk itu, persiapan dalam menyongsong event berkalas internasional tersebut saat ini mulai dimatangkan. Bahkan Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah telah membocorkan desain Sirkuit MXGP Samota lewat akun media sosialnya. Dimana Sirkuit MXGP Samota memiliki panjang 1,8 km. Rencananya akan mulai dikerjakan pembangunannya pada awal Maret mendatang. “Insya Allah sirkuit (MXGP) awal Maret akan mulai dikerjakan dan kurang dari 2 bulan selesai,” kata Gubernur kemarin.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengunggah sebuah foto yang akan menjadi lokasi sirkuit MXGP. Lokasi sirkuit tersebut sangat hijau dan indah. Tidak jauh dari sana, ditemukan keindahan pantai yang hampir sama dengan Sirkuit Mandalika.

Menariknya, lokasi sirkuit tersebut akan dibangun tidak jauh dari Pantai Ai Lemak. Ini menjadi destinasi wisata yang menarik, terkenal dengan keindahan sunset. Tidak hanya itu, pantai tersebut juga menyimpan keindahan bawah laut seperti aneka ikan dan terumbu karang. Bahkan, di pantai sering dijumpai penyu.

Sirkuit untuk MXGP berbeda karakteristik dengan MotoGP. Sehingga pembangunannya akan lebih cepat plus tidak rumit. ”Lebih banyak natural. Tinggal dipoles saja sedikit kalau untuk Samota,” kata Ketua Penyelenggaraan MXGP dr H Lalu Herman Mahaputra.

Pemprov dan Pemkab Sumbawa telah menyiapkan lahan seluas 15 hektare. Digunakan untuk pembangunan sirkuit MXGP di Samota, sepanjang 1,8 kilometer. Termasuk untuk tribun penonton dalam jumlah tertentu. Fokus untuk menggelar MXGP di Samota adalah menyiapkan fasilitas utama dan sarana penunjangnya. Mulai dari sirkuit, tribun, hingga akomodasi bagi penonton MXGP.

Akomodasi penonton disiapkan di atas lahan seluas 30 hingga 50 hektare dari sekitar 140 hektare lahan yang disiapkan. Lokasi penginapan masih satu areal dengan sirkuit. Model penginapan untuk penonton MXGP berupa glamping atau glamour camping. ”Kalau glamping ini cocok dengan karakteristik penonton MXGP,” tuturnya.

Sumber: lombok post

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here