ARIPITSTOP.COM – Tes pramusim MotoGP yang berlangsung selama 3 hari di sirkuit Mandalika telah selesai, sirkuit terbaru di Indonesia ini dinilai menjadi sirkuit paling cantik sedunia, namun bukan tanpa kekurangan, selama tes pramusim MotoGP ini para pembalap dan tim MotoGP memberikan beberapa masukan tentang sirkuit Mandalika terutama di bagian trek. Dan baru saja pihak Dorna melalui situs resmi Motogp.com menyebutkan jika sebagian trek akan diaspal ulang agar aman saat mengadakan balapan MotoGP pada bulan Maret mendatang.

Mandalika menggelar uji coba pramusim MotoGP pada 11-13 Februari, dan hari pertama diwarnai drama lintasan kotor. Debu yang masuk ke trek usai hujan deras sehari sebelumnya, jadi lumpur akibat gerimis pada pagi hari. Sesi sempat dihentikan agar petugas membersihkannya. Namun, kondisinya tak membaik secara signifikan.

Namun, kotornya lintasan bukan kendala yang paling mengkhawatirkan. Yang bikin para pembalap cemas justru fakta aspalnya mudah terkelupas hingga menciptakan kerikil. Tak sedikit pembalap yang terkena lemparan batu di motor, helm, dan tubuh mereka.

ITDC dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) pun bergerak cepat menanggapi keluhan para pembalap dan sepakat untuk melakukan pengaspalan ulang. FIM dan Dorna membatasi pengaspalan ulang ini harus dilakukan setidaknya 7 hari sebelum akhir pekan balap berlangsung.

Berikut pernyataan resmi dari pihak Dorna yang dilansir dari situs resmi MotoGP.com:

Tes Pramusim Resmi MotoGP di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika memperlihatkan hadirnya kembali Kejuaraan Dunia FIM MotoG ke Indonesia untuk pertama kalinya dalam 25 tahun. Tiga hari waktu lintasan sangat berharga bagi pengendara, tim dan organisasi, memungkinkan semua pihak untuk mendapatkan pengalaman di sirkuit baru sebelum peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia.

Tes tiga hari ini juga memberikan kesempatan kepada organisasi dan badan pengatur untuk memastikan tempat tersebut sesuai dengan standar MotoGP™ dan menilai setiap perbaikan yang diperlukan sebelum debut trek di kalender Kejuaraan Dunia FIM MotoGP™.

Masukan dari pembalap dan tim mengenai tata letak lintasan dan standar keselamatannya, termasuk area limpasan yang luas baik aspal maupun kerikil, sangat positif.

Selama tes pramusim berlangsung, dua area perbaikan diidentifikasi, yaitu kebersihan permukaan lintasan dan kelebihan agregat yang mempengaruhi bagian sirkuit.

FIM, yang mengawasi homologasi trek, telah berkomunikasi dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengenai perbaikan yang diperlukan ini, yang akan dilaksanakan minimal tujuh hari sebelum peresmian Pertamina Grand Prix Indonesia.

Pemilik sirkuit ITDC telah menyetujui penilaian dan permintaan FIM, menunjukkan tingkat dukungan dan komitmen mereka yang tinggi terhadap olahraga tersebut. Semua pihak telah bereaksi dengan cepat dan upaya perbaikan ini sudah berlangsung, termasuk pelapisan ulang sebagian lintasan.

Sirkuit akan dilapis ulang dari bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5. Tempat tersebut juga akan mempersiapkan Grand Prix dengan menggunakan teknologi terkemuka dunia untuk memastikan keseluruhan permukaan memenuhi standar MotoGP™.

FIM dan Dorna ingin mengucapkan terima kasih kepada ITDC atas dukungan luar biasa dan reaksi cepat mereka. Semua pihak juga ingin meyakinkan penggemar kami di Indonesia, dan semua orang di seluruh dunia, bahwa Pertamina Grand Prix Indonesia 2022 akan berlangsung pada tanggal yang direncanakan, dan MotoGP™ sangat menantikan untuk kembali ke Lombok.

Advertisements

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here