ARIPITSTOP.COM – Biasanya ketika motor terasa limbung atau goyang-goyang adalah karena ban yang kempes, tapi bagaimana kalau kondisi tekanan ban ternyata normal bahkan laher atau bearing roda juga masih bagus. Kemudian kondisi velg juga dilihat tidak ada yang peang. Motor wajib dicek bagian engine mountingnya…

Kalau semua sudah dicek dari bagian komstir, bearing roda sampai kondisi ban juga masih bagus. Segera cek kondisi karet engine mounting yaitu bushing yang menyambungkan antara rangka dengan mesin. Selain engine mounting yang sudah oblak ternyata ada satu hal juga yang penting untuk diperhatikan yaitu bushing alias bos pada sok belakang.

Bagian ini sering sudah oblak karena terbuat dari bahan karet, biasanya engine mounting yang sudah rusak terjadi pada motor-motor matic yang umurnya sudah diatas 5 tahunan.

Cara mengeceknya pun mudah, motor diposisikan dalam kondisi standar tengah, lalu motor digoyang-goyang dan terlihat ketika body motor digoyang-goyangkan tetapi mesin tidak ikut goyang, itu tandanya karet mounting sudah oblak.

Berikut video proses penggantian bos engine mounting:

1 KOMENTAR

  1. baru kejadian juga nih pas servis terakhir
    kirain dari bannya (kebtulan udah abis juga), pas udah ganti ternyata msih
    pas k bengkel eh ternyata karet2nya udah umur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini