ARIPITSTOP.COM – Bagaimana motor agar selalu nyaman dipakai dan tidak ada masalah yang menyusahkan kita ketika di jalanan?, apalagi kalau motor sampai mogok di jalan tentunya bikin repot banget. Motor perlu dirawat dengan baik, terutama masalah penggantian oli mesin jangan sampai terlambat, jangan sampai kejadian seperti dua motor ini.

Kali ini bercerita kondisi bengkel di Zona Speed, bengkel yang berlokasi di jalan raya Hankam Bekasi ini kedatangan motor Yamaha Fino dalam kondisi suaranya ngeletek parah banget dan Honda Beat dalam kondisi mogok.

Motor Fino bersuara ngeletek, kata si pemilik karena sempat kehabisan oli, namun motor masih bisa jalan tapi suaranya seperti Helicopter. Setelah kita bongkar ternyata memang benar kondisinya parah banget, piston dan cylinder bisa baret parah bisa buat memarut kepala, hehehehe…

Kemudian kondisi Honda beat lebih parah karena pistonnya sampai macet alias ngejim, ketika dicek oli mesinnya sama sekali tidak ada tetesan, hmhmhmhmhm… parah banget ini.

Cek video kondisi kedua motor di video dibawah ini:

Mari ambil pembelajaran dari kedua motor ini, rajinlah ganti oli mesin agar mesin motor selalu dalam kondisi fit dan tidak merepotkan kita terutama di jalan. Kalau sudah parah gini tentunya bikin kantong jebol.

Kapan idealnya ganti oli mesin?, mau pakai oli mesin yang mahal atau murah, atau ada yang mengklaim oli mesin tahan sampai 10rb km sekalipun, tetap kalau saya menyarankan ganti oli mesin maksimal setiap 2 ribu km.

Advertisements

11 KOMENTAR

  1. Sepakat om. Sy pakai Soul GT-125. Ganti Oli mesin max tiap 2000km. Biasanya volume oli yg tersisa 600cc. Artinya dalam 2000 km terjadi kehilangan volume oli mesin rata-rata 200cc. Itu kalo di motor sy ya.

  2. saya ganti oli tiap 6000-8000km (pastron gold). tiap 2000-3000km cuma cek ketinggian oli doang. kalo dulu pake motor merk sebelah olinya berkurang250ml (tiap 2000-3000km)

  3. Lek ari ada solusi buat vixion nvl saya yg amat sangat haus oli, pemakaian 700km sejak ganti oli biasanya mesin jadi gak enak, itu tanda² oli berkurang dan saya selalu rutin kisaran 700-900km pertama selalu nambah oli 100-300ml sesuai kebutuhan

    Nanti di 1500km saya ganti oli dan kadang cuman sisa 700ml, bisa d simpulkan dalam jarak 1500km motor ini minum 500-700ml oli

    Pake oli mahal pun gak ngaruh, oli diesel, oli mobil, oli + migor, oli kentel sami mawon, semuanya cuman pengaruh d kenyamanan saja, tapu setelah 700km sama aja bakal berkurang

    Sebenarnya enak² saja ni motor minim problem, cuman kesel aja sama vampir nya, andai lek ari tau solusinya bisa nih d share

    Lelah saya om

    • Kilometer sdh berapa?
      Klo sdh lebih dr 50rb, sebaiknya ganti piston dan bloknya pakai yg 1PA, kko cr yg 3c1 sdh mustahil bisa dpt

      • Km baru 30k sejak 10k pun sudah vampir dan kalo mau jeli di grup pun bnayak yg sharing ttg kevampiran vixion nvl
        Tapi walopun boros oli karena rutin cek ketinggian oli motor masih sehat, go ngebul, gk berisik, masih kenceng, top speed masih mirip seperti barunya

        Cmiww bukannya nvl pake 1PA?
        Kalo aplikasi paket boreup gimana lek, aman gak? Boreup dikit aja buat alternatif 3c1

  4. Lek ari, kalau motor matic 2000km jg ya lek? Kl pemakaiannya jarak dwkat sj brp bln lek?soalnya br punya matik, d panduannya smpe 4000km / 4 bln.
    Sblmnya pakai vega r new 12 th, ganti tiap 1000-1500km. Alhamdulillah aman, walaupun tak pernah ngukur berkurang ap tidak olinya.

    • Matic harusnya bisa lebih lama ganti olinya daripada motor manual, tapi ya tergantung oli ap yg d pake

      Kalo pake oli standar yg harganya d bawah 50k saya rasa 2000-4000km sudah waktunya buat ganti oli

      Tp tmen ane ada yg lebih ekstrim blom pernah ganti oli sama sekali, dan dia hanya nambah sekian mili setiap oli berkurang, gitu terus pokoknya tp motornya masih jalan

      Dan ada juga youtuber siboen yg eksperimen kalo gk salah 2tahun gk ganti oli cuman nambahin terus setiap oli berkurang dan motor masih bisa jalan

      Intinya selama batas minimum oli masih aman mau berapa kilopun masih aman kalo sekedar ngejar kata yg penting jalan

      Tp kalo kita lebih rajin ganti oli misal 2000-4000km mungkin bisa lebih awet motornya dari pada yg lebih lama ganti olinya

  5. olinya harus yg bagus yg full sintetic. oli begitu kode awalnya rata2 0w, di motor gw sih pake eneos 0w-50. boleh juga pake pertamina fastron 0w-50 atau mobil 1 0w-40 kalau mau yg gampang dibeli. kalau motor harian, minimal sebulan sekali dicek olinya masih cukup atau sudah berkurang yg tinggal ditambahin saja.

Tinggalkan Balasan ke bambang Batal balasan

Please enter your comment!
Please enter your name here