ARIPITSTOP.COM- Teknologi kendaraan baik itu roda empat maupun roda dua, mau tidak mau suka atau tidak suka semua akan beralih ke kendaraan listrik. Teknologi ini dinilai lebih ramah lingkungan karena tidak memakai bahan bakar minyak, saat ini sudah mulai banyak perusahaan otomotif yang mengenalkan bahkan sudah menjual berbagai tipe motor listriknya, kini telah dikenalkan motor listrik dalam bentuk motor bebek Yamaha MX King, motor listrik ini mampu mengayuh kecepatan hingga 132 km/jam.

Melihat secara sekilas, jelas bahwa ini model dari motor Yamaha MX King, namun faktanya adalah motor ini bukan milik dari Yamaha perusahaan asal Iwata di Jepang, melainkan motor ini adalah mengambil body dari motor MX King namun tenaga penggeraknya diganti memakai listrik oleh salah satu perusahaan asal Malaysia, motor ini dinamakan Umorie EV.

UMORIE® adalah merek lokal Malaysia, dilansir dari Umorie-ev.com, perusahaan ini didirikan pada 9 April 2020 UMORIE Graphene Technologies Sdn Bhd adalah perusahaan startup teknologi dalam dan startup EV. Butuh waktu 2 tahun bagi perusahaan untuk melakukan intelijen pasar untuk mempelajari perkembangan nanoteknologi graphene, EV dan tren.

Yap… ini adalah bisa dibilang motor hasil modifikasi, motor Y15ZR diganti menjadi motor listrik. Bisa dilihat desainnya, bagian bodi, rangka, roda sampai kaki-kaki suspensi, masih mempertahankan bawaan dari pabrikan alias standar. Tapi, untuk gearnya sudah diganti satu set dengan tipe belt. Lihat saja gear bagian belakang, gede banget, bisa dibayanginkan gimana jambakan motor ini.

Motor listriknya sendiri menggunakan buatan dari QSMotor yang diproduksi di China. Sedangkan untuk baterainya, menggunakan baterai lithium yang ditempatkan di bagian depan. Untuk proses pengecasan sampai full hanya membutuhkan waktu 4 jam. Untuk mengecas baterai, dicolok langsung ke motor. Soketnya terlihat ditempatkan pada bodi sebelah kiri.

Disebutkan bahwa motor listrik ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum mulai dari 11 kW hingga 15 kW. Torsi maksimumnya sendiri dapat mencapai 35 Nm. Untuk top speed, diklaim dapat tembus hingga 132 km/jam. Lihat bagian saklar kanan ada 3 mode berkendara yang bisa digunakan.

Diinfokan kalau motor ini masih sebagai motor prototype, jadi entah kapan motor ini akan dijual. Kalau resmi dijual sich ini motor harganya pasti akan wow banget… bisa menyentuh angka 100 jutaan rupiah.

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. salah satu alasan knp gesit kurang laku, adalah vanbelt yg terbuka.
    itu mnrt sy, krn awalnya mau beli tp tdk jd krn vanbelt nya keliatan, bs berbahaya klo rok atau daster istri sy nyangkut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here