ARIPITSTOP.COM – Kejadian ngilu akibat modifikasi kelistrikan yang tidak hati-hati, sebuah motor Honda Scoopy mengalami kebakaran dan lonyot di bagian bodi belakang. Motor ini dikabarkan belum lama pasang modifikasi lampu tambahan, parahnya kabel-kabel yang disambung tidak dibungkus dengan lakban atau solasi.

Akibat sembrono alias ceroboh, modifikasi kelistrikan di motor memang harus sangat hati-hati, jika ceroboh maka bisa terjadi kejadian seperti yang dialami motor Scoopy ini. Diunggah oleh akun fb bernama Karlitos Tan di grup Bekakas, motor ini habis dilakukan modifikasi kelistrikan namun di bagian sambungan kabel tidak dibungkus dengan solasi.

Ketika melakukan modifikasi kelistrikan, pastikan kualitas kabel yang dipakai berkualitas bagus, karena jika memakai kabel yang kualitas jelek, akan mudah panas sehingga jika sudah tidak kuat dengan tahanan besar akan timbul panas dan semakin lama bisa terbakar.

Kemudian, semua sambungan kabel pastikan dibungkus dengan rapi, jangan sampai sambungan kabel dibiarkan terbuka, akan mudah menimbulkan konslet. Sambungan kabel bisa dilakukan dengan memakai solasi atau yang lebih rapi memakai Heatsrink. Kalau penyambungan bagus tapi kualitas kabel jelek maka kabel tidak kuat menghantarkan listrik yang semakin lama akan panas dan menimbulkan kebakaran.

Jadi, berhati-hatilah ketika melakukan modifikasi di bagian kelistrikan, pastikan semua terpasang dengan baik, jika ragu melakukan sendiri di rumah, lebih baik dibawa ke bengkel terpercaya.

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. biar makin banyak yg sperti ini karna pada pakai led strobo yg bikin silau belakang atau depan kl msh ori plg tikus tp jarang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here