ARIPITSTOP.COM – Joan Mir masih belum bisa menghilangkan rasa kekecewaannya meski sudah berganti tahun, pembalap Suzuki Ecstar ini menyesal tidak bisa memberikan tekanan yang maksimal kepada Quartararo untuk mencegahnya merebut gelar juara dunia 2021 dan dirinya juga kecewa tak bisa satupun memenangkan balapan di musim 2021.

Melihat fakta di musim 2021, Joan Mir memang meraih 6 podium, namun mengalami paceklik kemenangan. Juara dunia Moto3 2017 dan MotoGP 2020 ini bahkan belum pernah menang lagi sejak Seri Eropa di Valencia, Spanyol, pada 2020 lalu. Melihat hal ini, Suzuki pun dinilai memiliki ketertinggalan dari Yamaha dan juga Ducati.

Motor Suzuki memang dinilai lebih konsisten namun masih tetap tertinggal dibandingkan dengan Yamaha dan Ducati yang masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan. Contohnya saja Yamaha, yang mampu mempertahankan grip ban dari start sampai finis, dan Ducati yang tenaga mesinnya jauh lebih bertenaga.

Meski gagal mempertahankan juara dunia, Joan Mir tidak sepenuhnya menyalahkan Suzuki. “Tidak, saya takkan melihatnya dengan sudut pandang itu. Ini adalah kombinasi dari banyak hal. Agak sulit untuk dijelaskan,” ungkap Joan Mir dilansir dari Motorsport Total.

“Saya tak puas dengan situasi ini. Namun, ini tak berarti saya tak senang dengan Suzuki. Saya hanya tak senang karena kami tak bisa memperebutkan gelar dan tak pernah bisa menekan Fabio. Ini tak sesuai ekspektasi saya. Ini adalah kekecewaan. Saya kecewa, dan ini cara terbaik untuk menyimpulkannya,” ujarnya.

Diketahui jika Joan Mir saat ini belum mau memperpanjang kontraknya dengan Suzuki meski kontraknya habis akhir tahun 2022. Joan Mir ingin melihat dulu perkembangan dari motor GSX-RR yang akan dia tunggangi semusim ini.

“Saya tak bisa benar-benar menilai soal apa yang dibutuhkan agar motor kami punya performa seimbang. Pasalnya, saya hanya pernah mengendarai Suzuki. Tapi jika bisa memilih, saya menginginkan tenaga mesin Ducati, kelincahan Honda, grip Yamaha, dan konsistensi Suzuki,” pungkas Mir.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here