ARIPITSTOP.COM – Pihak Dorna akan menjalankan 21 seri balapan di tahun 2022 yang masih dalam suasana pandemi Covid-19, tekad menjalankan semua seri ini pihak Dorna langsung mengultimatum kepada semua negara tuan rumah MotoGP. “Kami tidak akan menerima peraturan karantina, jika mereka meminta kami untuk karantina selama 14 hari pada suatu negara, maka kami tidak akan pergi ke negara tersebut,” tegas CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

Pernyataan ini dilontarkan Ezpeleta hanya dua bulan jelang bergulirnya seri perdana MotoGP 2022. Balapan motor dengan level paling tinggi tersebut akan start di Qatar pada 6 Maret dan berlanjut di Indonesia, yang bakal dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, pada 20 Maret.

Ezpeleta mengungkapkan bakal lebih efisien andai negara tuan rumah hanya mengecek sertifikat vaksinasi dari setiap kru tim dan pembalap. Hal tersebut dinilainya sudah cukup dan tak perlu lagi menjalani karantina. Bos MotoGP ini mencotohkan seperti tahun lalu ketika balapan di Amerika, negara ini tidak melakukan karantina kepada para kru dan pembalap melainkan hanya mengecek kartu vaksinasi dan dokumen tertentu saja.

“Apa yang kami alami tahun lalu di Amerika Serikat adalah hal yang seharusnya kami capai, itu merupakan status yang kami siapkan. Mereka bisa meminta kami untuk membawa sertifikat vaksin atau juga melengkapi beberapa dokumen sebagai syarat seperti yang kami lakukan tahun lalu,” kata Ezpeleta dikutip dari GP One.

“Dari pandangan saya, tes pramusim di Malaysia dan Indonesia akan menjadi percobaan untuk mengetahui situasi lebih dalam, namun akan terasa sulit jika dalam skenario tersebut hasilnya justru buruk. Jika hasilnya belum menunjukkan tanda positif, kita akan tetap menjalankan 19 seri di musim ini,” jelasnya.

Memang akan menjadi keputusan yang agak berat bagi para tuan rumah MotoGP, terlebih untuk Indonesia yang saat ini mengharuskan semua orang yang yang datang dari luar negeri harus menjalani karantina selama 14 hari.

Advertisements

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here