ARIPITSTOPCOM – Radiator bocor memang menjadi momok tersendiri bagi para biker, kalau beli cukup mahal harganya apalagi ketika kantong lagi kosong. Bukan cuma ketika lagi kantong kosong, ketika darurat di perjalanan atau stok sparepart yang tidak ready juga menjadi salah satu kendalanya, lalu bagaimana solusi untuk Radiator yang mengalami kebocoran?, tambal saja pakai ini lebih mudah dan cepat hasilnya juga paten.

Seperti yang terjadi pada motor ADV 150 yang masuk ke bengkel Zona Speed, air radiator selalu habis dan ada tetesan air di lantai. Ketika dicek, selain waterpump bermasalah ternyata bagian Radiator mengalami kebocoran, apesnya bocornya ada di bagian kisi-kisi. Harga Radiator yang terbilang cukup menguras kantong tentunya mikir2 untuk beli radiator baru terlebih ini hanya bocor kecil seperti tusukan jarum.

Bisa diloihat foto dibawah ini ketika saya tes kebocorannya, bagian semburannya kecil2 tapi ada sekitar 4 lobang dalam satu titik, sehingga lebih memudahkan untuk proses penambalan.

Solusi yang palign cepat dan praktis adalah dilem pakai lem besi atau lem aduk, kalau saya biasa pakai lem Dexton.

Mudah kok, siapkan lem secukupnya, untuk proses penambalan tidka usah tebal2 banget terutama untuk kebocoran Radiator di bagian dalam atau depan Magnet, karena kalau tambalannya terlalu tebal nanti bisa bergesekan dengan kipas magnet. Bisa tengok foto dibawah ini.

Jadi cukup simpel, bahkan penambalan seperti ini sudah lakukan sejak lama. Dengan catatan wilayah yang bocor tidak terlalu luas, kalau misalnya bolong besar ya harus ke tukang radiator atau ganti baru saja Radiatornya.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here