ARIPITSTOP.COM – Setelah menjadi kontroversi, akhirnya penempatan balapan Formula E Jakarta 2022 resmi akan digelar di Ancol. Pengumuman sirkuit Formula E Jakarta disampaikan langsung oleh Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni. Panitia menyampaikan lokasi balapan mobil listrik bakal digelar di Ancol, Jakarta.

“Ancol dipilih dengan pertimbangan venue-nya ikonik, khas kota Jakarta, namun juga sudah sesuai standar FEO (Formula E Operations) dan dapat approval FIA. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah tidak mengganggu fasilitas umum. Seperti kita ketahui, jika diadakan di Gelora Bung Karno (Senayan) maupun Sudirman, maka dibutuhkan penutupan selama beberapa hari. Itu tentunya tidak memungkinkan. Begitu juga di Monas.” tegas Sahroni.

“Karena ini langsung diberikan approval oleh FIA dan FEO sendiri, maka dua lembaga tersebut mengkaji dan evaluasi tempat-tempat yang sudah ada. Dari akhir, dua lembaga tersebut baru tadi pagi diberikan approval sirkuit untuk penyelenggaraan Formula E di Jakarta di Ancol,” kata Ketua Pelaksana Formula E Ahmad Sahroni dilansir dari Detik.com.

Panitia pelaksana memastikan pihaknya tidak akan membangun sirkuit baru di Ancol. Formula E akan dilaksanakan di jalan yang sudah tersedia. Sahroni mengatakan jalan di lokasi akan dipoles mulai Januari 2022. Dia menargetkan jalanan di Ancol mulus dalam 3 bulan. Sementara itu Jakarta E-Prix akan dilaksanakan tanggal 4 Juni 2022 sebagai putaran kesembilan Formula E.

“Nah Formula E sendiri itu area jalan raya yang bisa di-approve FEO dan FIA dengan kondisi dan desain dari mereka dan alhamdulillah, nanti akan ditayangkan gambar yang sudah di-approve,” kata Sahroni.

“Tidak perlu lagi membangun sirkuit dari nol karena Formula E beda sama F1 yang harus dibangun dari awal seperti Mandalika,” kata Sahroni.

Mengenai soal layout trek sirkuit Ancol bentuknya seperti Kuda Lumping, berikut gambaran lintasan sirkuit Formula E:

  • Memiliki panjang 2,4 kilometer dengan lebar 12 meter.
  • Sirkuit ini akan terdiri dari 18 tikungan dan arah lintasan clockwise.
  • Panjang lintasan lurus 600 m.
  • Dari sirkuit akan terlihat Jakarta International Stadium (JIS) untuk menggambarkan ikon Ibu Kota.
  • Di samping kiri dan kanan jalan terdapat area kosong yang akan digunakan untuk tribun penonton.
  • Titik start dan finish sirkuit Formula E berada di parkiran Pantai Karnaval Ancol.
Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here