ARIPITSTOP.COM – Memang terlihat mengejutkan ketika seorang Pol Espargaro yang sedang On Fire di KTM justru tiba2 memutuskan menerima pinangan dari Honda, meski menjadi salah satu tim impian bagi para pembalap MotoGP, namun karakter motor Honda dinilai susah untuk dijinakkan para pembalap kecuali oleh Marc Marquez, dan benar saja… musim pertama diatas motor Honda RC213V, Pol Espargaro nampak kesulitan.

Pada pertengahan 2020 lalu, Espargaro memang secara menghebohkan memilih meninggalkan KTM demi membela Repsol Honda pada 2021, banyak yang memprediksi jika adik dari Aleix Espargaro ini akan mengalami kesulitan beradaptasi dengan motor Honda, dan faktanya prediksi tersebut benar. Puig pun tak memungkiri 2021 adalah musim yang berat bagi timnya.

“Musim ini rumit, karena tak ada Marc di garasi kami pada awal musim. Kami memulai musim dengan beberapa balapan yang buruk, dan ia belum 100% pulih. Pol juga mengalami kesulitan beradaptasi dengan motor kami. Musimnya juga berat,” tutur Puig dilansir dari Motosan.

Pada paruh pertama musim 2021, terlihat jelas Pol Espargaro sangat sulit untuk menembus 10 besar. Namun, Espargaro menunjukkan lonjakan performa saat merebut pole di Silverstone, dan naik podium usai finis kedua di Emilia Romagna.

“Secara pribadi, saya tak terlalu kaget. Honda butuh waktu untuk dipelajari dan Anda harus memahaminya. Apakah itu mempersulit Pol? Ya, situasinya sulit. Namun, saya rasa, pada akhirnya, dimulai dari Inggris dan Misano, ia mengubah banyak setup pada motornya, mengubah posisi duduk, dan ia mengalami kemajuan besar,” ujarnya.

“Sejak itu, saya rasa ia mulai memahami dirinya lebih baik di atas motor kami. Saya pun berharap musim depan ia akan memulai musim dengan level yang lebih tinggi, dengan pengetahuan lebih banyak soal motor kami, serta punya gagasan jelas soal apa yang bisa ia lakukan dengan motor kami,” lanjut Puig.

“Saya selalu mencoba realistis, bukan optimistis atau pesimistis. Kami mengalami kemajuan, namun kami masih harus lihat apakah itu cukup untuk mengatasi semua masalah yang kami punya selama dua tahun terakhir. Saya rasa arahnya sudah benar, namun masih harus dilihat lagi. Jadi, saya tak mau penuh euforia ataupun pesimis,” tutupnya.

Para pembalap MotoGP akan kembali mulai beraktifitas pada uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 5-6 Februari 2022, dilanjutkan dengan uji coba di Sirkuit Mandalika, Indonesia, pada 11-13 Februari 2022.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here