ARIPITSTOP.COM – Terkadang kita heran ketika membuka filter udara ternyata banyak oli mesinnya, apakah itu normal atau ada masalah di motor kita?, tergantung dari jumlah oli yang naik ke filter udara, jangan didiamkan saja karena hal ini merupakan gejala mesin motor kita sudah bermasalah.

Oli naik ke filter udara jika sampai banjir, biasanya akan menyebabkan motor terasa berat akibat aliran udara jadi terhambat dan efek terburuknya adalah oli mengalir ke ruang bakar sehingga knalpot keluar asap putih tebal alias ngebul, kok bisa ?, yap… oli yang banjir di filter udara udara kemudian turun ke karburator atau ke throtle body lanjut ke intake manifol dan masuk ke ruang bakar.

Lalu apa penyebab oli mesin bisa naik ke filter udara ?, yang pertama karena kebanyakan mengisi oli mesin. Volume oli mesin sudah ada takarannya masing2, jika melebihi takaran yang dianjurkan dari pabrikan maka oli akan tumpah2 naik ke filter udara bahkan motor terkadang jadi berat tarikannya.

Kedua, motor ambruk atau terjatuh. Ketika motor ambruk maka lubang pernafasan akan ditutupi oleh oli mesin dan ketika kondisi mesin masih hidup maka oli akan naik ke filter udara disebabkan ketika mesin hidup berarti pompa oli terus berjalan yang menyebabkan tekanan oli mengalir ke filter udara.

Lalu hal yang harus kita waspadai adalah alasan yang ketiga ini, oli mesin bisa naik ke filter udara akibat kompresi mesin yang sudah bocor. Ketika kompresi bocor di bagian ring piston, maka campuran udara dan bahan bakar yang seharusnya terkompresi fokus di ruang bakar, sebagian campuran tersebut bocor melalui celah di ring piston yang sudah aus, akhirnya kompresi yang bocor tersebut menyemburkan tekanan ke ruang mesin. Akibat ruang mesin diberikan tekanan berlebih dari kebocoran kompresi di ruang bakar, maka akhirnya oli mesin terdorong ke selang pernafasan yang dihubungkan ke box filter udara.  Oleh karena itulah oli mesin bisa naik membanjiri ruang box filter udara.

Biasanya jika kompresi sudah bocor dan menyebabkan oli mesin naik ke box filter udara, di selang pernafasan tersebut akan mengeluarkan asap berwarna putih. bisa dilihat contohnya di video dibawah ini (klik disini).

Jadi, solusi ketika oli mesin sudah naik ke box filter akibat terjadinya kebocoran kompresi, motor harus segera dilakukan servis besar penggantian ring piston dan jika piston juga sudah baret harus sekalian ganti pistonnya.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here