ARIPITSTOP.COM – Joan Mir menegaskan tidak mau dirinya sebagai hanya sebagai juara bertahan akan tetapi menjadi pembalap yang mempertahankan juara dunia setiap balapan berlangsung. Lambatnya pengembangan Suzuki GSX-RR menjadi salah satu alasan Joan Mir menganggap dirinya sulit bersaing dengan pembalap terdepan. Pembalap asal Mallorca ini bahkan sudah menegaskan dirinya tidak mau memperpanjang kontrak jika tidak ada perubahan signifikan di motor GSX-RR, kini justru Joan Mir digosipkan sedang ada pendekatan dengan HRC.

Joan Mir memiliki kontrak dengan Suzuki hanya sampai akhir musim 2022, jika Suzuki tidak bisa membuat perkembangan bagus seperti yang diinginkan Joan Mir, maka pembalap asal Spanyol ini akan berfikir ulang untuk tetap bersama Suzuki.

“Saya ingin menang lagi dan jika saya tidak bersama tim yang lapar dengan apa yang saya rasakan, maka saya akan pergi,” ujar Mir.

“Tetapi untuk saat ini saya akan tetap di sini karena memiliki perasaan yang baik. Saya telah melihat banyak hal untuk dicoba, ditambah terdapat dua pembalap penguji di sini. Semua ini menghibur dan memotivasi saya.” pungkas Mir.

Dari pihak Suzuki sendiri sudah mengakui jika memang ada kesalahan di musim 2021. “Kami melakukan segala yang mungkin, tetapi paket kami tidak cukup kuat untuk memenangkan kejuaraan. Yamaha dan Quartararo memiliki paket yang lebih baik dan lebih kompetitif dari kami. Saya pikir Joan adalah salah satu pembalap MotoGP terbaik saat ini karena dia memenangkan kejuaraan pada tahun 2020. Kami kalah pada tahun 2021 bukan karena dia tetapi karena dia kehilangan sesuatu pada motor kami, ”tutur Shinichi Sahara selaku Pemimpin Proyek MotoGP Suzuki.

Kabar gosip teranyar dari belakang paddock dihembuskan oleh Tuttomotoriweb, justru kini terdengar jika Joan Mir sedang ada pembicaraan dengan HRC, Honda diisukan tertarik untuk melakukan negosiasi dengan Joan Mir untuk diduetkan dengan Marc Marquez musim 2023. Ini seiring dengan berakhirnya kontrak Pol Espargaro musim depan (2022). Opsi kedua adalah Joan Mir akan menggantikan Marc Marquez jika dinyatakan sudah tidak bisa melanjutkan karirnya akibat cidera serius yang dialami Marquez.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here