ARIPITSTOP.COM – Dulu Marquez kecil menganggap Rossi sebagai panutannya di dunia balap, namun sejak kejadian di tahun 2015, Marc Marquez hanya menganggap Rossi sebagai lawan di trek balapan. Rossi juga sampai saat ini menganggap Marquez bahwa dialah yang menghalangi dirinya untuk merebut gelar juara dunia ke-10. Dari semua pembalap yang pernah Rossi anggap sebagai rival perseteruan di dunia balap seperti Lorenzo dan Max Biaggi yang keduanya kini mulai damai, sampai saat ini hanya kepada Marc Marquez-lah Rossi belum bisa damai.

Kekesalan seorang Rossi kepada sosok Marc Marquez sepertinya memang terlalu mendalam, Marquez dianggap sebagai sosok pembalap yang menjegal dirinya dalam perebutan juara dunia ke-10 dengan cara yang kontroversial. Perseteruan Rossi vs Marquez bermula sejak MotoGP Argentina 2015. Rossi dan Marquez bersenggolan dalam perebutan posisi terdepan. Marquez jatuh, crash pertamanya di 2015, dan tak finis. Rossi melesat untuk meraih kemenangan keduanya di MotoGP 2015.

Kemudian, situasi tambah panas setelah kontroversi di Assen, Belanda. Di tikungan terakhir menjelang garis finis, Marquez dan Rossi berduel ketat memperebutkan posisi terdepan. Pada satu titik motor mereka bersenggolan. Hasil senggolan itu bikin Rossi meluncur keluar lintasan dan Marquez tetap di jalur. Tapi pada momen itu Rossi berhasil finis duluan karena dengan keluar keluar lintasan ia malah melewati rute yang lebih pendek daripada Marquez.

Pereteruan paling panas terjadi setelahnya, tepatnya di Malaysia hingga dijuluki sebagai ”Sepang Clash”. Rossi dianggap menendang Marquez sampai terjatuh. Gerak kaki dari Rossi bikin sejumlah kalangan mengasumsikan dirinya sudah menendang Marquez. Di sisi lain ada pula yang menduga bahwa gerakan kaki Rossi terjadi karena spontan, tanpa ada kesengajaan, setelah dirinya kehilangan pijakan usai lebih dulu kena sundul helm Marc Marquez.

Akibat kejadian itu, Rossi kena hukuman. Di balapan selanjutnya di Valencia yang jadi balapan pemungkas musim itu, Rossi harus start dari posisi paling buncit. Di akhir race, ia finis di posisi keempat usai menyalip total 22 pebalap. Tapi itu belum cukup lantaran Lorenzo finis pertama sehingga gelar juara dunia gagal diraih Rossi.

Rossi belum bisa berdamai dengan Marc Marquez sampai dirinya kini sudah pensiun, hal itu terbukti ketika semua pembalap rivalnya seperti Lorenzo dan Max Biaggi diundang secara langsung untuk datang ke markas Rossi dalam rangka mengikuti balapan La 100km dei Campioni.

La 100km dei Campioni adalah ajang balap flat track yang rutin digelar Rossi pada akhir tahun di Motor Ranch, Tavullia, Italia. Gelaran ini biasa diikuti Rossi dan seluruh anggota VR46 Riders Academy, serta mengundang banyak pembalap motor dunia dari berbagai disiplin, entah MotoGP, WorldSBK, motocross, flat track, maupun supermoto.

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini