iklan gma

ARIPITSTOP.COM – Honda sudah sejak 2019 mengenalkan PCX Electric di Indonesia, namun sampai saat ini motor yang mengandalkan sumber daya dari Battery ini belum juga dijual secaa bebas, akan tetapi jika ada konsumen yang ingin merasakan sensasi naik motor ini bisa dengan cara sewa melewati skema sistem sewa perusahaan.

Divisi Produk PT Astra Honda Motor (AHM) Bayu Arum C mengatakan saat ini Honda PCX elekcric belum dijual secara retail. Bagi yang ingin mencobanya harus melewati skema sistem sewa perusahaan. “Kita, sejak launching 2019 memang belum membuka untuk dijual retail, masih disewakan Business to Business (B2B). Sementara baru perusahaan, sudah ada Gojek, Grab, Pos Indonesia, dan di Bandung serta Bali sedang melakukan uji coba dengan Kementerian Perhubungan,” kata Bayu dilansir dari liputan6.com.

Jadi untuk penyewaan motor PCX Electric ini tidak bisa dilakukan perseorangan, harus atas nama perusahaan. Untuk sewa biayanya sekitar Rp 1,9 jutaan per bulan, itu sudah include all in. Jadi terima unit, baterai, mendapatkan servis, segala macam sudah tercover sampai asuransi kecelakaan pihak ketiga kita yang tanggung. Lebih nyaman dan aman, AHM juga menyediakan layanan Honda Care berupa jasa emergency 24 jam untuk para penyewa PCX Electric.

Honda PCX Electric dikembangkan dari Honda PCX yang populer dengan desain mewah dan bermesin ramah lingkungan. Tenaga dari mesin bakar diganti dengan sumber tenaga listrik yang dikembangkan lebih compact. Sepeda motor ini mempunyai sistem yang mampu menghadirkan torsi optimial sejak putaran bawah, mewujudkan performa tinggi dari awal dan kemampuan menanjak yang mumpuni.

Mewarisi seri Honda PCX yang mudah dikendarai dan mempunyai posisi berkendara yang sangat nyaman, Honda PCX Electric mewujudkan pengendaraan urban yang nyaman dan elegan. Dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack mampu menjalankan sepeda motor sekitar 69 km dalam sekali pengisian penuh (hasil pengujian dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam secara konstan).

Untuk kenyamanan berkendara, Honda Mobile Power Pack bisa diisi ulang menggunakan dua mekanisme, yakni off-board charging (mengganti dua baterai kosong dengan baterai yang sudah terisi/ swap system), atau menggunakan konektor yang bisa disambungkan dengan listrik gedung atau perumahan (on-board charging).

AHM pun sudah menyiapkan berbagai fasilitas dan sarana untuk mendukung bisnis sepeda motor listrik. Di antaranya jaringan Honda yang melayani servis Honda PCX Electric serta kebutuhan swap/ penggantian baterai. Untuk keadaan darurat, contact center 7X24 jam, emergency road assistance (Honda care), dan service visit, siap memberikan pelayanan maksimal.

Sistem EV

Motor listrik yang baru dikembangkan pada PCX Electric ini menggunakan dua baterai lithium-ion masing-masing 50,4V dengan densitas tinggi yang dipasang secara serial. Konstruksi motor listrik menggunakan struktur Interior Permanent Magnet (IPM) demi mendapatkan efisiensi energi dan performance motor listrik yang optimal.

Honda PCX Electrix menghasilkan output maksimum 4.2kW yang didapat sejak putaran rendah, dengan akselerasi lembut. Torsi maksimal 18 Nm @500 rpm. Unit daya yang kuat dan ringkas sanggup menjaga suhu sepeda motor serta mengontrol aliran listrik secara lancar dan presisi. Sistem elektrifikasi ini membuat pompa oli, radiator, dan kopling tidak diperlukan.

Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board. Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian 6 jam.

Honda PCX Electric memiliki jarak sumbu roda lebih panjang, dipadu dengan hugger belakang, untuk mengakomodasi dua baterai ditempatkan pada ruang bagasi, namun tetap memberikan ruang optimal untuk pergerakan roda belakang. Adanya penyesuaian tersebut membuat PCX Electric tetap memiliki kemudahan untuk penggunaan di daerah perkotaan dan posisi berkendara yang nyaman seperti PCX pada umumnya.

Demi memberikan kenyamanan berkendara, selain dimensi sumbu roda yang lebih panjang, PCX Elektrik juga menggunakan tipe suspensi belakang lebih panjang, dipadukan dengan letak motor listrik yang optimal. Hal ini berkontribusi terhadap rendahnya getaran yang dihasilkan dan pengendaraan yang halus. Demi keamanan, roda depan sudah dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS).

Desain

PCX Electric menyuguhkan kurva yang terus mengalir dari depan hingga belakang membuat gaya PCX semakin elegan dan santai. Nuansa canggih dan mewah ditingkatkan dengan sistem lampu full LED, serta menggunakan aksen biru di beberapa bagian yang akan terlihat saat lampu dimatikan. Terdapat hugger belakang yang terpasang di belakang power unit untuk menambah kesan canggih dan sekaligus unik. Honda PCX Electric hanya tersedia dalam warna Pearl Glare White.

Panel instrumen motor ini menampilkan informasi sistem EV dengan jelas. Indikatornya meliputi speedometer, jam, kapasitas baterai yang tersisa, dan status pengisian daya saat tersambung ke daya listrik. Sistem Honda Smart Key memungkinkan pengendara membuka kunci utama dengan hanya mendekati sepeda motor tanpa perlu mengeluarkan kunci pintar dari pakaian.

Spesifikasi :

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here