ARIPITSTOP.COM – Melihat livery yang ada pada motor Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary, memang langsung teringat motor era 1990an. Honda mencoba mengenang kembali era 30 tahun yang lalu kedalam balutan body Honda CBR1000RR-R Fireblade SP.

Honda CBR1000RR-R Fireblade 30th Anniversary. Sesuai namanya motor ini hadir dalam memperingati 30 tahun seri Fireblade yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992 silam. Livery special ini dibuat mirip dengan CBR Fireblade pertama yang diciptakan tahun 1992 lalu oleh Mr. Hiroaki Tsuku. Kombinasi 3 warna khas Honda yaitu biru dan merah diatas body yang didominasi warna putih dibuat begitu ikonik dengan stripe seperti goresan kuas, terlihat begitu klasik dan memancarkan aura balap yang kuat.

Honda juga menghadirkan beberapa sentuhan spesial seperti emblem bertuliskan 30th Anniversary pada bagian atas tangki, silencer knalpot, dan remote smart key. Selain itu, ada juga nomor seri unik yang diukir menggunakan laser pada sejumlah bagian bodi motor.

CBR1000RR-R tetap menggunakan mesin yang sama, yakni mesin 998 cc, 4-cylinder menghasilkan torsi maksimum 112Nm @ 12.500rpm dan menghasilkan power maksimum 160Kw @ 14.500rpm. Dimensi piston mesin menggunakan tata letak short stoke yang ringkas – berbagi dimensi bore dan stroke yang sama dengan RC213V dan dilengkapi rangkaian roda gigi semi-cam, finger-follower rocker arms, titanium con-rods, RC213V-S internal friction reduction technologies, piston jets dengan check ball system and built-in bottom bypass passage untuk jalur water jacket pada silinder mesin. Saluran ram-air di bagian depan fairing mengalirkan langsung melalui headstock. Pipa knalpot 4-2-1 berbentuk oval dan berujung pada muffler Akrapovic berbahan titanium. Mesin tersebut disematkan pada rangka diamond, tapi sedikit revisi untuk membuatnya lebih terpusat.

Fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) telah dioptimalkan sehingga traksi ban belakang lebih sempurna dan berkendara lebih nyaman. Pada bagian piston kaliper rem depan mengusung Nissin Fireblade demi meningkatkan kinerja pengereman. Honda juga memasang Ohlins Electronic Control (SE-C) dan Brembo pada Fireblade SP guna memberikan suspensi dan pengereman yang baik.

Motor ini akan mulai dijual tahun 2022 nanti, akan tetapi Honda belum belum membocorkan berapa harga yang akan diberikan untuk motor special ini.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here