ARIPITSTOP.COM – Pembalap Pata Yamaha, Toprak Razgatlioglu keluar sebagai juara dunia usai Race 1 WSBK Mandalika 2021 di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11). Pembalap ini mencetak sejarah menjadi pembalap pertama asal Turki yang berhasil menjadi juara dunia balap motor WSBK. Bukan hanya itu saja, Toprak juga merekam sejarah sebagai menjadi pembalap yang mendapatkan gelarnya di sirkuit Mandalika yang notabene sirkuit ini juga baru pertama kali menggelar balapan.

Toprak memastikan gelar dengan keunggulan 25 poin atas Rea di posisi kedua. Sisa 25 poin sebenarnya masih diperebutkan di Race 2 tetapi Toprak unggul kemenangan Race 1 dan 2 di WSBK sepanjang musim ini. Kemudian pada Race 2 yang digelar pada sore harinya, Toprak mampu finish keempat, total Toprak mengumpulkan 564 poin sedangkan Rea mengumpukan 551 poin.

Toprak pun mematahkan dominasi Jonathan Rea. Pembalap adal Irlandia Utara itu sudah menjadi juara WSBK 6 kali beruntun, sejak 2015. Pembalap 25 tahun itu menjadi juara dunia baru WSBK. Prestasi terbaik Toprak setelah turun ke ajang WSBK pada 2018, adalah saat finis keempat di musim lalu.

Di WSBK, Toprak sudah start sebanyak 118 kali. Dia mampu menang 18 kali, meraih 53 kali podium, dan membukukan pole empat kali.

Toprak Razgatlioglu lahir di Alanya, Turki, pada 16 Oktober 1996. Ia adalah putra dari pembalap motor ternama Turki, Arif Razgatlioglu. Toprak mendapatkan motor pertamanya pada usia lima tahun. Ia kemudian suskes menjuarai ajang motocross di Turki sebanyak empat kali. Melansir laman resmi WSBK, Toprak Razgatlioglu mulai berkompetisi di ajang balap motor 600cc pada usia 13 tahun.

Pada 2011, Razgatlioglu mengikuti kejuaraan Yamaha R6 Dunlop Cup. Dua tahun kemudian, ia sukses menembus ajang Red Bull Rookies Cup. Karier Razgatlioglu di dunia balapa motor terus menanjak. Selepas dari Red Bull Rookies Cup, ia naik ke European Superstock 600 Championship (2015), lalu FIM Superstock 1000 Cup (2016), dan European Superstock 1000 Championship pada 2017.

Meski gagal menyabet gelar juara di kelas baru, pesona Razgatlioglu menarik minat tim di World Superbike hingga memboyongnya ke ajang itu pada 2018. Kala itu, ia membela tim Kawasaki Puccetti Racing dan menunggangi motor Kawasaki Ninja ZX-10R. Pada musim debutnya, Razgatlioglu menempati peringkat kesembilan klasemen akhir. Pencapaian pembalap bernomor 54 itu meningkat pada musim berikutnya, di mana ia menduduki peringkat kelima.

Aksi ciamiknya menarik minat dari Yamaha. Alhasil, dia berindah tim pada 2020 dengan membela Tim PATA Yamaha. Karir Toprak pun berjalan sangat manis di Yamaha. Pada musim 2020, dia langsung menang di balapan pertama yang digelar di Australia. Total, ada tiga kemenangan dan enam podium yang diraih pada musim itu hingga membawanya finis di posisi keempat. Musim ini, Toprak Razgatlioglu tampil lebih menggila. Dia bisa menang 13 kali dan merebut 16 podium.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here