ARIPITSTOP.COM – Kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika merubah motor Yamaha Nmax tipe ABS yang memiliki masalah di bagian Modulnya dan dirubah ke Nmax Non ABS akibat harga Modul ABS yang terlampau mahal. Di artikel yang dulu pernah saya bahas berbagai cara untuk merubah Nmax ABS menjadi Non ABS, nah kali ini saya praktekkan untuk cara yang versi Sultan.

Lalu apa yang harus dilakukan jika Modul ABS di motor Nmax sudah rusak?, ya pastinya harus ganti modul ABS, berapa harganya?, kode part Modul ABS nmax adalah 2DP-85930-09 dan untuk harga HET per bulan Juli 2021 ini adalah Rp 5,950,000. Dengan harga yang hampir 6 jutaan maka tak pelak banyak pemilik Nmax yang keberatan membeli part ini yang akhirnya memilih opsi untuk merubah motornya menjadi Non ABS.

Di artikel sebelumnya (klik disini) sudah saya bahas 3 cara merubah Nmax ABS menjadi Non ABS yaitu cara Hemat, Setengah Hemat dan cara Sultan.

Kali ini di bengkel Zona Speed yang merubah dengan cara sultan, meski tidak sultan-sultan banget karena selang remnya masih memakai model rem ABS karena modul tetap terpasang meski sudah tidak berfungsi lagi.

Jadi untuk merubah menjadi Nmax Non ABS dengan cara yang mudah tanpa harus mengakali kabel bodynya dengan cara membeli ECU Nmax Non ABS dan kabel body Nmax Non ABS. Cukup dengan dua part ini saja maka motor sudah menjadi Non ABS, pemasangannya juga cukup mudah karena sudsh PNP tanpa ada yang diakali, akan tetapi akan lebih jika selang remnya juga ikut diganti, karena modul ABS dalam beberapa waktu kedepan akan mengalami kebocoran seal yang bisa mengakibatkan rem menjadi ngempos.

Berikut video proses pengerjaan Nmax ABS menjadi Non ABS.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here