ARIPITSTOP.COM – MotoGP 2021 seri final yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (14/11/2021) malam WIB, Bagnaia menjadi yang tercepat setelah menyelesaikan 27 lap dengan catatan waktu 41 menit 15.481 detik. Menyusul kemudian ada Jorge Martin, yang mengawali balapan dari pole posiiton. Kemudian Jack Miller menguntit di posisi ketiga. All podium miliik Ducati ini menjadi rekor sejarah baru bagi tim yang bermarkas di Italia ini.

Jorge Martin sukses mempertahankan posisi terdepan setelah melakukan start yang impresif. Joan Mir menyodok ke posisi dua setelah melewati Bagnaia dan Jack Miller. Sementara Rossi naik satu peringkat di awal balapan ke posisi sembilan.

Miller yang sempat berada di posisi ketiga usai lap pertama gagal mempertahankan posisi setelah disalip Bagnaia dan Alex Rins. Bagnaia kemudian sukses naik ke posisi kedua setelah melewati Mir pada lap ketiga, disusul Rins pada lap keempat.

Insiden juga mewarnai awal lomba. Takaaki Nakaami mengalami lowside di Tikungan 6 pada lap kelima. Beruntung, pembalap asal Jepang itu mampu berdiri dan langsung berjalan.

Memasuki lap keenam, Rins sukses melewati Bagnaia untuk berada di posisi kedua di belakang Martin. Tapi satu lap kemudian Bagnaia sukses mengambil alih posisi kedua.

Lap 9, Rossi untuk kali pertama terlempar dari posisi 10 besar setelah disalip Enea Bastianini. Dua lap kemudian Rins terjatuh di tikungan 6, membuat pembalap Suzuki itu total lima kali gagal finis musim ini.

Pimpinan balapan berubah pada lap ke-15 setelah Bagnaia menyalip Martin di tikungan 14. Empat lap kemudian giliran Miller yang sukses melewati Mir untuk merebut posisi podium ketiga. Bagnaia kemudian sukses memperlebar jarak dengan Martin di dua lap terakhir. Untuk kali pertama Pecco pada balapan MotoGP Valencia 2021 unggul lebih dari 1 detik atas Martin.

Bagnaia sukses di seri final ini, sampai lap akhir tidak ada yang bisa menyentuhnya. Jorge Martin yang juga menjadi Rookie off the year sukses finish di posisi kedua disusul oleh Jack Miller.

GP Valencia disapu bersih oleh Ducati dan membuktikkan betapa menakutkannya Desmosedici GP21. Ini juga menjadi pertama kalinya untuk pabrikan Borgo Pangale itu menyapu bersih podium di MotoGP.

Sementara itu, Valentino Rossi berhasil finish di posisi ke-10 pada balapan terakhirnya di MotoGP. Hasil finis juara dunia sembilan kali – 125cc 1997, 250cc 1999, 500cc 2001, MotoGP 2002-2005, 2008, 2009 – itu tidak berubah dari posisi startnya.

Berikut hasil MotoGP Valencia 2021:

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here