ARIPITSTOP.COM – Akhirnya nasib Danilo Petrucci sudah terang benderang, tidak diperpanjang kontraknya oleh KTM di MotoGP, pembalap asal Italia ini akhirnya menyeberang ke balap Reli Dakar 2022 dengan masih bersama KTM.

10 tahun dihabiskan untuk balapan di trek aspal MotoGP, akhirnya Petrucci resmi pindah balapan ke trek pasir. Hal ini diumumkan secara formal oleh KTM jelang balapan terakhir Petrucci di MotoGP, yakni Seri Valencia pada 12-14 November, di mana ia juga membela Tech 3 KTM.

Meski terdepak dari balapan trek aspal, Petrucci tidak merasa sedih karena dirinya justru sudah mendapatkan tempat di balapan Reli Dakar dan tetap bersama KTM. Tawaran beralih ke ajang enduro dan reli disodorkan KTM kepada Petrucci di MotoGP Austria bulan lalu, hanya beberapa jam setelah ia dipastikan terdepak dari Tech 3 pada 2022 dan digantikan Raul Fernandez. Pembalap yang satu ini memang penggemar berat off-road, kerap berlatih motocross dan bercita-cita turun di Reli Dakar.

Petrucci sudah tidak tertarik untuk pindah ke WSBK karena dirinya merupakan jebolan pembalap kelas Superstock 600 di musim 2007 hingga 2009, kemudian naik ke Superstock 1000 di musim 2010 dan 2011.

Pembalap asal Italia ini kemudian menjalani debut di kelas MotoGP musim 2012 hingga 2014 bersama tim Ioda Racing. Lalu pada tahun 2014 dia berganti tim menjadi Octo iodaracing Team ART. Mulai musim 2015 hingga 2019 berada di tim Pramac Racing. Sejak tahun 2019, Petrucci bergabung dengan Mission Window Ducati bersama Andrea Dovizioso. Hingga akhirnya hijrah ke tim satelit milik KTM.

Pernyataan Resmi Danilo Petrucci

“Bagi saya, balapan di Dakar jelas impian jadi nyata. Ini gelaran yang selalu ingin saya ikuti sejak kecil, saat menonton rekaman video Reli Dakar dari era 80-90an. Kini, berkat KTM, impian saya jadi nyata. Saya ingin berterima kasih pada KTM atas kesempatan ini. Saya rasa saya akan menjadi satu-satunya rider yang dalam satu bulan saja berkompetisi di MotoGP dan kemudian berlaga di Reli Dakar.

“Jadi, dengan rasa bangga, saya akan pergi ke sana. Target utama saya adalah finis balapan dan menikmatinya. Pendekatan pertama adalah berlatih membaca peta jalanan dengan Jordi. Ia berkompetisi di banyak balapan dan pernah naik podium. Jadi, ia jelas memberikan bantuan besar bagi saya dalam mempelajari seni yang istimewa ini.

“Baru-baru ini, saya sudah menjajal motor KTM 450 RALLY dalam uji coba pertama di gurun-gurun Dubai, bersama para juara Dakar dari KTM, dan saya belajar banyak dari mereka. Menyenangkan melihat mereka berkendara. Mereka semua sangat baik hati dan membantu saya. Semoga latihan bulan depan bakal cukup. Balapan itu jelas bakal berat, namun saya bersemangat.”

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here