ARIPITSTOP.COM – Bagnaia tak terbendung sejak start dimulai pada balapan MotoGP Algarve di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, pada Minggu (7/11/2021). Balapansebenarnya menyisakan dua lap lagi namun harus dihentikan akibat insiden kecelakaan yang menimpa Iker Lecuona bertabrakan dengan pembalap tuan rumah dari Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira.

Bagnaia langsung tancap gaas ketika balapan dimulai, sempat ditikung oleh Jack Miller ditikungan pertama namun tak hanya sekejap, pembalap asal Italia ini langsung memimpin balapan. Apesnya, pembalap KTM Tech3, Danilo Petrucci harus mengalami crash pada lap pertama ini.

Joan Mir terus membuntuti Jack Miller untuk merebut posisi kedua, sempat saling overtake akhirnya Jack Miller harus mengakui keunggulan Joan Mir. Tak sampai disitu, Joan Mir memburu Bagnaia hingga balapan berjalan lima lap, tapi gap kedua pembalap justru semakin menjauh, kedua pembalap ini tak ada yang bisa mengganggu sampai akhir balapan.

Sementara itu, Alex Marquez yang start dari urutan kedelapan berhasil memulihkan posisinya secara signifikan. Adik pembalap Repsol Honda ini tersebut membayangi Jack Miller di urutan keempat.

Sementara itu Quartararo masih tertahan di urutan keenam. Nasib nahas dialami Aleix Espargaro dari Aprilia yang mengalami crash.

Masuk lap ke-10, tidak ada perubahan berarti pada posisi 3 besar, Bagnaia masih mampu tampil solid di urutan pertama meski ditempel ketat Joan Mir, sedangkan Jack Miller masih bertahan di posisi ketiga.

Lap 11, Jack Miller harus turun satu tingkat setelah Alex Marquez melancarkan aksi manuver untuk menyalipnya. Hal yang sama juga dialami oleh Quartararo yang turun satu tingkat setelah disalip oleh Johann Zarco.

Balapan tersisa 5 lap, apes buat Quartararo yang malah terjatuh, ini adalah untuk pertama kalinya dirinya mengalami DNF di musim ini.

Jack Miller tak mau kalah, terus mengejar Alex Marquez, kedua pembalap akhirnya saling overtake. Menyisakan 4 lap lagi, Jack Miller akhirnya berhasil menyalip Alex Marquez. Disaat Alex Marquez membayangi Jack Miller, balapan menyisakan dua lap lagi akhirnya harus dihentikan akibat ada kecelakaan tabrakan.

Balapan yang seharusnya berdurasi 25 lap ini dihentikan pada Lap 23 akibat pembalap Tech 3 KTM Factory Racing, Iker Lecuona, bertabrakan dengan sesama pembalap KTM yaitu Miguel Oliveira. Oliveira dibawa dengan tandu, untungnya, jagoan tuan rumah berada dalam keadaan sadar setelah kecelakaan.

Bagnaia diikuti oleh pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, di posisi kedua, dan sang tandem Jack Miller, di posisi ketiga. Sementara itu posisi keempat dan kelima masing-masing ditempati oleh pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez, dan pembalap Pramac Racing, Johann Zarco.

Berikut hasil balapan MotoGP Algarve 2021:

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here