ARIPITSTOP.COM – Jika sebelumnya kita melihat kondisi sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit selalu dalam kondisi kering atau cuaca cerah, lalu bagaimana jika sirkuit di Lombok ini ketika diguyur hujan lebat?. Sirkuit balap motor tidak boleh ada genangan air balapan terus bisa tetap berjalan meski dalam kondisi Wet Race alias balapan basah, lalu seperti apa sih kondisi sirkuit Mandalika ketika diguyur hujan…

Melihat dari kondisi sirkuit Mandalika pasca diguyur hujan deras melalui video yang dishare oleh akun bernama Agus Harianto, dalam video tersebut kita bisa melihat keseluruhan trek dalam kondisi basah, dan hasilnya memang bikin kita bangga.

Melihat situasinya, tampak dengan jelas jika kondisi aspla trek tidak ada air yang menggenang di sudut-sudut trek. Hal ini menandakan lapisan aspal dan drainase atau pembuangan air dari trek berjalan sempurna. Selain trek utama, tunnel penghubung jalan akses ke sirkuit juga aman dari genangan air hujan. Tunnel ini sangat krusial karena posisinya berada di bawah trek sirkuit Mandalika.

Meski berstatus sirkuit jalan raya, namun lapisan aspal yang digunakan tidak sembarangan. Lintasan utama sirkuit ini menggunakan teknologi aspal terbaru stone mastic asphalt (SMA) akan memanjakan para pembalap dan penonton yang akan hadir di menyaksikan balapan motor. SMA memberikan grip yang baik dan pada saat yang sama memberikan resistensi yang baik saat pembalap melakukan pengereman. Sirkuit dengan panjang lintasan 4,310 km dilengkapi 17 tikungan itu disebut-sebut sebagai yang terbaik di dunia, bahkan mengalahkan Sirkuit Sepang Malaysia.

ITDC menyiapkan tiga bukit yang luasnya sekitar 50 hektar yang memiliki ketinggian 25 – 50 meter, yang dijadikan lokasi 15.000 penonton. Sirkuit Mandalika nantinya memiliki bukit yang dinamai Pink Mount Mandalika karena ditanami bunga-bunga berwarna pink. Dari atas bukit ini, penonton dapat menyaksikan balapan seluas 360 derajat. Dari bukit Pink yang berada di tikungan, penonton bisa melihat pembalap start dan finish.

Berikut videonya:

Berikut foto-foto kondisi setelah diguyur hujan:

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. semoga race final wsbk nanti lancar tanpa ada kendala.
    walaupun belum sempurna tapi udah bagus segini juga
    lek ari ada rencana buat liput langsung nanti?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here