ARIPITSTOP.COM – Honda kepergok telah mendaftarkan motor listrik yang mungil di Indonesia, desain motor listrik yang diduga bernama U-Go ini telah didaftarkan di situs resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Motor listrik ini ternyata sudah dirilis di luar negeri yang harganya setara dengan Honda Beat.

Jika melihat dalam situs resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), tertera jelas kalau status motor ini ‘pengumuman’ dengan tanggal dimulai perlindungan pada 19 Agustus 2021. Sementara nama Honda Motor yang beralamat di Tokyo, Jepang disebut sebagai pemegang desain dan Maxime Thouvenin serta Xin Yuan terdaftar sebagai desainer.

Kalau melihat secara detail dari desainnya yang mungil ini, motor listrik ini memang mirip banget dengan U-Go yang sudah dirilis di Cina pada awal tahun 2021 ini. U-GO disebut-sebut sebagai motor listrik ‘murah’ karena dibanderol mulai 7.499 yuan atau sekitar Rp16,6 juta. Sebelum U-GO, Honda juga sudah menjual V-GO dan A1 serta U-be, V3+, dan V1 yang lebih terjangkau.

U-GO merupakan motor listrik untuk jalan perkotaan, ada dua varian motor ini yang ditawarkan untuk konsumen di Cina yaitu reguler dan low speed (kecepatan rendah). Model standar memiliki motor hub bertenaga 1,2 kW, dengan tenaga puncak 1,8 kW, dan top speed 53 km/jam. Sementara model kedua ditenagai 0,8 kW, dengan kecepatan tertinggi 43 km/jam.

Kedua model ini sama-sama dilengkapi baterai Lithium-ion yang dapat dilepas dengan kapasitas maksimum 1,44 kW. Baterai juga bisa di-upgrade ke daya yang lebih besar. Maka itu, jangkauan jarak tempuh bisa dimaksimalkan dari 65 km menjadi 130 km.

Fitur lainnya termasuk lampu full LED, kotak bagasi depan, alarm anti-pencurian, dan port pengisian USB. Dan lebih penting lagi, ada panel LCD yang bisa menyediakan informasi dasar seperti kecepatan, jangkauan, status baterai, dan mode berkendara. Skuter listrik ini menggunakan velg depan 12 inci dan belakang 10 inci.

Menarik bila AHM mempersiapkan motor listrik yang mungil ini, sebelumnya AHM sudah memperkenalkan motor listrik yaitu Honda PCX Electric, meski sudah diperkenalkan di Indoneisa, PCX Electric sampai saat ini belum dijual oleh Honda, saat ini baru sebatas dipakai oleh umum namun hanya dengan bentuk kerjasama dengan perusahaan, salah satunya adalah perusahan jasa ojek online.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here